Internalisasi Nilai Disiplin dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta

Alfina Nurul Rosyidda, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Puji Wulandari Kuncorowati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi dan menganalisis hambatan internalisasi nilai disiplin melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah 2 guru Pendidikan Pancasila dan 9 peserta didik kelas VII, VIII, dan IX. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Uji keabsahan data melalui triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan internalisasi nilai disiplin dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Perencanaan meliputi penyusunan modul ajar dan kontrak belajar. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan keteladanan, pembiasaan, dan refleksi dalam kegiatan pendahuluan, inti, penutup. Evaluasi melalui pengamatan sikap dan catatan peserta didik. Terdapat hambatan yakni keterbatasan waktu dan kurangnya kesadaran diri peserta didik

Full Text:

PDF

References


Aandriami, B., Yuliatin, Y., Alqadri, B., & Herianto, E. (2023). Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Sakra. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2030–2034. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1565

Abdi, M. I. (2021). Integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada sekolah berbasis boarding school di Indonesia. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 3(2), 266. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v3i2.4473

Amelia, F., Sarjono, S., & Hariyadi, A. (2020). Peranan pembelajaran PPKn dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa kelas VIII di Mts Miftahul Ulum Sitiaji. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 86. https://doi.org/10.51276/edu.v1i3.63

Ani Sri Rahayu. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Bumi Aksara.

Asmaun, S., & Prastyo, A. T. (2014). Desain pembelajaran berbasis pendidikan karakter. AR-RUZZ MEDIA.

Baginda, M. (2018). Nilai-nilai pendidikan berbasis karakter pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(2), 10. https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.593

Benny Prasetiya, Tobroni, Yus Muhammad Cholily, & Khozin. (2021). Metode pendidikan karakter religius paling efektif di sekolah. Academia Publication.

Binti Roisatul Khabibah, Mohammad Ayyub Mubtadik, & A Wathon. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Untuk Membangun Kedisiplinan Bagi Santri TPQ Thoriqul Huda. Edukasi Masyarakat, 1(1), 45.

Budi, Y., Santosa, P., & Hidayat, A. (2022). Penanaman nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 194. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.52427

Creswell, J. (2016). Research design: pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran (4th ed.). Pustaka Pelajar.

Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2017). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Bangun Rekaprima, 3(2), 33. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v3i2.865

Djunaidi, A., & Sarimawati, T. (2019). Peranan guru PPKn dalam membina sikap dan kedisiplinan siswa di sekolah melalui pendekatan keteladanan guru di di SMP Negeri 2 Donggo. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 19. https://doi.org/10.31764/civicus.v7i2.1135

El Iq Bali, M. M., & Aisyah, S. (2023). Konstruksi karakter disiplin siswa melalui kelas unggulan Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 690. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4627

Elsa Kaniawati, Meisya Edlina Mardani, Shania Nada Lestari, Ulan Nurmilah, & Usep Setiawan. (2023). Evaluasi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 22.

Fatimah, N., Mujianto , G., & Yudiantoro, K. (2023). Peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila kurikulum merdeka siswa kelas IBSDN 02 Girimoyo Malang melalui problem based learning. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 76–86. http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/index

Fauzi Fahmi. (2021). Standar proses dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–13. https://doi.org/10.47006/pendalas.v1i1.60

Hidayatullah, R., T. Pido, S. A., & Yasin, Z. (2020). Efektivitas manajemen boarding school dalam peningkatan disiplin taruna berbasis semi militer SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 179. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1740

Hurlock, E. (1996). Psikologi perkembangan (Edisi Keli). Erlangga.

Ifan Junaedi. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 20.

Imam Musbikin. (2021). Pendidikan karakter disiplin. Nusa Media.

Intan Pratiwi, S., Kristen Satya Wacana, U., Salatiga, K., & Tengah, J. (2020). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter disiplin siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 65. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Ismail, M. I. (2020). Evaluasi pembelajaran konsep dasar, prinsip, teknik, dan prosedur. PT RajaGrafindo Persada.

Jufri Dolong. (2016). Teknik analisis dalam komponen pembelajaran. JURNAL INSPIRATIF PENDIDIKAN, 5(2), 295–296.

Karim, A. R. (2020). Reafirmasi Pendidikan Agama Islam melalui sistem boarding school di sekolah umum. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 39. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).5082

Kosasih. (2021). Pengembangan bahan ajar. PT Bumi Aksara.

Lenny Nuraeni, Rendi Hadian A. Tamagola, Nur Hafida, Septinus Wonggor, Khairunnisa, & Asep Abdul Aziz. (2024). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal untuk menghadapi isu-isu strategis terkini di era digital. Journal on Education, 06(02), 14618.

Lickona, T. (2021). Penanaman disiplin moral : seri pendidikan karakter. Nusa Media.

Mahanani, D., Mustari, M., Kurniawansyah, E., & Alqadri, B. (2023). Peran kepala sekolah dan guru PPKn dalam implementasi karakter disiplin siswa di SMPN 1 Kuripan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2812.

Mamonto, S., Wahidin, D., Laila, I. N., Prataman, I. P. D. M. P., Junaedi, A. T., Saimina, M. S., Khotim, N. W., Gojali, J. A., Sudarmo, Renaldo, N., & Adityawati, I. A. (2023). Disiplin dalam pendidikan. PT Literasi Nusantara Abadi Grup.

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, & Johnny Saldana. (2014). Qualitative data analysis a methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publication.

Momo, A. H., Saleh, M., Iru, L., Syahbudin, S., Salimin, S., Irawaty, I., Reni, W. O., Nerlin, N., & Piara, M. (2024). Implementation of a media-based citizen science project learning model using a scientific approach in Civic Education to enhance student critical thinking skills. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 21(2), 255–256. https://doi.org/10.21831/jc.v21i2.71095

Muhammad Sobri, Nursaptini Nursaptini, Arif Widodo, & Deni Sutisna. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71.

Mukholifah, S. N., Sarjono, & Hariyadi, A. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran PPKn terhadap pembentukan sikap disiplin siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Bojonegoro. Jurnal Educatio FKIP, 7(3), 978. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1304

Munandar, H. (2018). Pola pembinaan keagamaan di SMA Plus Boarding School Astha Hannas Subang. JURNAL TARBIYAH, 25(1), 21. https://doi.org/10.30829/tar.v25i1.233

Mz, I. (2018). Peran konsep diri terhadap kedisiplinan siswa. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 2(1), 5. https://doi.org/10.23971/njppi.v2i1.915

Ningsih, P., Mustari, M., Kurniawansyah, E., & Zubair, M. (2024). Upaya guru PPKn dalam penguatan karakter disiplin siswa kelas. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 12(2), 1–5.

Qonita Pradina, Aiman Faiz, & Dewi Yuningsih. (2021). Peran guru dalam membentuk karakter disiplin. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4119.

Rahmah, N. A., Islam, A., & Qadim, N. (2023). Peran KPK (Komisi Penegak Kedisiplinan) dalam meningkatkan kedisiplinan dan kejujuran siswa di MA Nurul Jadid Dan MA Negeri 1 Probolinggo. Aafiyah: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(1), 3. https://edujavare.com/index.php/Aafiyah/issue/archive

Rahmawati, S., Sundari, N. D., Hassan, N. A. B., & Permana, S. A. (2024). Promoting Pancasila ideology through comic based learning media. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 21(2), 322–323. https://doi.org/10.21831/jc.v21i2.56665

Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa’adah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi dan teori pendekatan, strategi,dan metode pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-31

Rasidi, A. (2022). Manajemen strategik dan boarding school dalam meningkatkan mutu pendidikan pondok pesantren. PALAPA, 10(2), 464. https://doi.org/10.36088/palapa.v10i2.2276

Reskiawan, M. M. N., & Agustang, A. (2022). Sistem sekolah berasrama (boarding school) dalam membentuk karakter disiplin di Man 1 Kolaka (p. 130). https://doi.org/10.31219/osf.io/ctpm3

Ruslan, & Rusli, Y. (2017). Perencanaan pembelajaran PPKn. Syiah Kuala University Press.

Saputra, H. N., Rahmat, R., & Komalasari, K. (2024). Pemanfaatan artificial intelligence pada Pelajaran Pendidikan Pancasila berbasis projek di Smp Daarut Tauhiid Boarding School. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(02), 117. https://doi.org/10.58812/spp.v2i02.397

Sarah, F. M., & Saleh, S. (2024). Penanaman nilai-nilai karakter pembelajaran beragama. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 9(87), 277.

Sari, R. N. I., Winarno, W., & Rejekiningsih, T. (2021). Strategi guru PPKn dalam mengembangkan instrumen penilaian kecakapan kewarganegaraan. CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ), 3(1), 64. https://doi.org/10.32585/cessj.v3i1.1406

Sulhan, M. (2018). Pendidikan karakter berbasis budaya dalam menghadapi tantangan globalisasi. Visipena Journal, 9(1), 170. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.450

Sutrisno. (2017). Implementasi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah-S1, 6(5), 509–515.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).

Usmi, R., & Murdiono, M. (2021). Ecological citizenship in the textbook of Pancasila and Civic Education subjects at secondary level school. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(2), 242–244. https://doi.org/10.21831/jc.v18i2.38885

Wisang Seto Pangaribowo, & Gloria Setyvani Putri. (2024, May 15). Kericuhan pelajar di Kota Yogyakarta, 6 sekolah diserang gerombolan siswa dengan seragam coret-coret. Kompas.Com.

Zakiyah, Q. Y., & Rusdiana, A. (2014). Pendidikan Nilai (Kajian Teori dan Praktik di Sekolah) (Vol. 1). CV PUSTAKA SETIA.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i3.24179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link