Buku saku tata tertib sebagai pemicu penguatan karakter kewarganegaraan siswa: Perspektif dari SMA Negeri 3 Bantul

Muhammad Zaki Aulawy, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Marzuki Marzuki, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menguji hubungan penggunaan buku saku tata tertib dengan penguatan karakter kewarganegaraan siswa SMA Negeri 3 Bantul. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitaif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 644 dengan sampel sebanyak 248 yang di ambil menggunakan metode proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan uji validitas dengan rumus product moment dan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Teknik analisis penelitian ini meliputi analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, serta uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji hipotesis menghasilkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,709 dan nilai signifikansi sebesar 0,00, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yaitu penggunaan buku saku tata tertib memiliki hubungan positif dengan penguatan karakter kewarganegaraan siswa SMA Negeri 3 Bantul.


Full Text:

PDF

References


Agnia, A. S. G. N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh kemajuan teknologi terhadap pembentukan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9331–9335. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2473

Asril, A., Jaenam, J., Syahrizal, S., Armalena, A., & Yuherman, Y. (2023). Peningkatan nilai-nilai demokrasi dan nasionalisme pada mahasiswa melalui pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300–1309. https://jim.usk.ac.id/sejarah/article/view/25109

Azhar, A. (2017). Media pembelajaran. Rajawali Pers.

Azizah, I. N. (2021). Penanaman sikap disiplin pada siswa melalui peneraapan buku kendali kedisiplinan di MTs Surya Buana Malang [Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/26747/

Bandura, A. (1977). Social learning theory. Englewood Cliffs.

Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep pendidikan karakter perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education, 6(1), 19–31. http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10609

Irwan, I. (2021). Revitalisasi civic disposition dalam menumbuhkan nilai-nilai pancasila di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 498–505. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.702

Kemdikbud. (2016). KBBI daring: buku saku. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/buku%20saku

Kirom, H., & Aryaningrum, K. (2022). Pemahaman siswa terhadap nilai-nilai pancasila melalui kecakapan digital di masa pandemi covid-19. 2021: Seminar Nasional Pendidikan 2 November 2021, 194–208. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/8293

Lickona, T. (2013). Mendidik untuk membentuk karakter: bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan sikap hormat dan bertanggung jawab (U. Wahyudin, Ed.; 3rd ed.). Bumi Aksara.

Mahanani, P., Akbar, S., Kamaruddin, A. Y. B., & Hussin, Z. B. (2022). Educational analysis to develop character in Malaysia and Indonesia. International Journal of Instruction, 15(3), 377–392. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15321a

Marzuki. (2015). Pendidikan karakter Islam. AMZAH.

Marzuki, M., & Samsuri, S. (2022). The strategy of three education centers for strengthening character education in Indonesia in the era of Industrial Revolution 4.0. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 19(1), 119–133. https://doi.org/10.21831/jc.v19i1.40325

Rahmawati, P. (2015). Pengembangan buku kendali kedisiplinan tata tertib siswa SD Negeri Triharjo Sleman [Skripsi]. Universtas Negeri Yogyakarta.

Sadiman, A. S. (2009). Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Rajagrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i2.24074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link