Penggunaan TikTok dalam Era Society 5.0 untuk Menunjang Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Putra Samodera Yogyakarta

Ganesha Nuncio Pramardipra, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sunarso Sunarso, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


TikTok sebagai alat bantu pembelajaran yang efektif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menciptakan konten edukatif yang menarik, relevan, dan mudah dipahami, khususnya dalam konteks Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan agar media sosial seperti TikTok tidak hanya digunakan sebagai sarana hiburan saja tetapi, dapat digunakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan baik itu Pendidikan hukum, politik, dan moral. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Putra Samodera. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik model Miles dan Hubber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peserta didik di SMK Putra Samodera memanfaatkan TikTok untuk pembelajaran Pendidi kewarganegaraan, media sosial dapat menarik minat siswa melalui konten visual ringkas. Meski didominasi hiburan, isu kewarganegaraan diminati jika relevan dan menarik. Tantangan meliputi validitas informasi dan literasi digital. Guru berperan membimbing pemanfaatan TikTok secara edukatif untuk membentuk warga negara yang aktif dan bertanggung jawab.


Full Text:

PDF

References


Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68-82.https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415.

Devi, A. A. (2022). Pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran. Jurnal EPISTEMA, 3(1), 1–17. https://journal.uny.ac.id/index.php/epistema/article/view/40990.

Dewanta, A. A. N. B. J. (2020). Pemanfaatan aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 79-85. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3491.

Harahap, J., & Ambarita, R. (2018). Hubungan lingkungan sekolah dengan kedisiplinan siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 3(4), 167-176. https://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/406.

Husna, K., Fadhilah, F., Harahap, U. H. S., Fahrezi, M. A., Manik, K. S., Ardiansyah, M. Y., & Nasution, I. (2023). Transformasi peran guru di era digital: tantangan dan peluang. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(4), 154-167. https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.694.

Khairuni, N. (2016). Dampak positif dan negatif sosial media terhadap pendidikan akhlak anak (studi kasus di smp negeri 2 kelas viii banda aceh). Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 91-106. http://dx.doi.org/10.22373/je.v2i1.693.

Kondororik, F. (2024). Pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap minat belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (ppkn) pada siswa di smk modellink kabupaten sorong (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong). https://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/496/.

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39. https://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/4075.

Mahendra, I., Marzuqi, Y., & Dewi Meilla Alvianti, S. (2024). Pemanfaatan aplikasi tik tok bagi mahasiswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di universitas pgri semarang. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 19(1), 6–14. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i1.6868.

Marini, R. (2019). Pengaruh media sosial tik tok terhadap prestasi belajar peserta didik di SMPN 1 Gunung Sugih Kab. Lampung Tengah (Skripsi, UIN Raden Intan Lampung).

Nurlatifah, J. S., Ubaidiah, L., Patmawati, P., Sahbani, S., & Nugraha, R. G. (2022). Pengaruh media sosial" tiktok" terhadap nilai-nilai pancasila di era digital. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 2116-2121.https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2937.

Nurrizka, A. F. (2016). Peran media sosial di era globalisasi pada remaja di surakarta (suatu kajian teoritis dan praktis terhadap remaja dalam perspektif perubahan sosial). Jurnal Analisa Sosiologi, 5(1).https://doi.org/10.20961/jas.v5i1.18198.

Pujiastuti, D., Idrus, A., & Emosda, E. (2024). Pengembangan media pembelajaran pkn berbasis multimedia interaktif untuk smp kelas viii. Tekno - Pedagogi: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 1-6. https://doi.org/10.22437/teknopedagogi.v4i1.2245.

Rizal, A., Dwiyanti, A., & Burhan, B. (2024). Efektivitas pemanfaatan video tiktok sebagai media pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 9545-9554. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5959.

Saputra, I., & Hadad, M. (2025). Strategi pembelajaran kewarganegaraan digital untuk generasi z dalam mendukung kompetensi pendidikan abad 21. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 1–11. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5062.

Suhargon, R. (2023). Kewarganegaraan. Padang Sidempuan: PT Inovasi Pratama Internasional

Syafri, E. P. E., & Kulsum, U. (2021). Tiktok; media pembelajaran alternatif dan atraktif pada pelajaran ppkn selama pandemi di smp negeri 2 mertoyudan. In Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika (Vol. 5, No. 1). https://prosiding.senadi.upy.ac.id/index.php/senadi/article/view/212.

Ubaedillah, A., & Rozak, A. (2013). Pendidikan Kewarga (Negara) An; Pancasila, Demokrasi, Ham, Dan Masyarakat Madani. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i2.23883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link