Kegiatan organisasi siswa intra sekolah (OSIS) sebagai sarana penguatan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Pundong Bantul

Hanifah Renindya Cahyani, Univesitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sunarso Sunarso, Univesitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan organisasi siswa intra sekolah merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam penguatan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Pundong Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penguatan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Pundong Bantul melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi siswa intra sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pundong Bantul. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian ini menujukan bahwa Penguatan karakter peserta didik melalui kegiatan organisasi siswa intra sekolah dapat menguatkan karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas yang diwujudkan melalui kegiatan latihan dasar kepemimpinan dan pengajian Isra Mikraj melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam pelaksanaannya terdapat faktor pendukung dan penghambat sehingga SMA Negeri 1 Pundong Bantul memiliki strategi untuk mengatasinya melalui peningkatan komunikasi dan informasi, evaluasi program kerja, dan memberikan motivasi dan dukungan.

 

 


Full Text:

PDF PDF

References


Aliyah, et al., (2023). Pengaruh keaktifan pengurus OSIS terhadap karakter percaya diri. Jurnal Tadbir Muwahhid, 3(2). https://dx.doi.org/10.30997/jtm.v3i2.2028

Badan Pusat Statistik. (2023). Statistic criminal 2023.

Fitriyani, N., & Muthali'in, A. (2023). Penguatan kompetensi civic disposition dalam membentuk sikap disiplin melalui kegiatan pramuka di SMP Negeri 2 Sawit. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 13(1), 35-43. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v13i1.15944

Intan, M., et al. (2016). Pengaruh kegiatan organisasi siswa intra sekolah (osis) terhadap sikap kepemimpinan di SMA Negeri 10 Palembang. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 3(1), 67.

Irwansyah, R. (2021). Perkembangan peserta didik. Widina Bhakti Persada.

Ismi, F. (2023). Program keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di MTS Ma’arif Bebandem Karangasem Bali. INDOPEDIA. Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan, 1(3), 917-928. https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/104

Lickona, T. (2019). Educating for Character/Mendidik untuk membentuk karakter. (Terj). Bumi Aksara. https://journal.uaindonesia.ac.id/index.php/tadbir/article/view/712

Marzuki, Zuchdi, D., Hajaroh, M., & Imtihan, N. (2019). Evaluasi implementasi pendidikan karakter di perguruan tinggi. Jurnal Kependidikan, 3(2), 276- 290. http://dx.doi.org/10.21831/jk.v3i2.25058

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. SAGE Publications.

Murdiono, M. (2018). Peningkatan keterampilan kewarganegaraan (civic skills) melalui penerapan pembelajaran kewarganegaraan berbasis portofolio. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 7(1), 1-20. https://doi.org/10.21831/hum.v7i1.21016

Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.

Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor–faktor pembentuk karakter disiplin dan tanggung jawab dalam ekstrakurikuler pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105

Nur, Insan A. (2017). Pengaruh kepemimpinan transaksional terhadap motivasi intrinsik, work engagement dan kinerja karyawan. Journal of Business Studies. 1(1). https://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jbsuta/article/view/782/500

Nurismalatri, N., Pratama, Y., Aesah, S., Prasetyo, D., & Rahmadania, S. A. N. (2020). Wujud nyata peran pemuda dan organisasi masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan di masa pandemi covid19. Dedikasi PKM, 2(1), 26. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i1.8478

Ode, S. L., et al. (2020). OSIS sebagai wadah peserta didik penggerak, Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI. hal. 2-3

Rahmayanik, H. Christiano, H. dan Sutaat. (2022). Pelatihan kepemimpinan pengurus MA Hidayatullah Semarang. Jurnal pengabdian masyarakat indonesia. 1(2). https://doi.org/10.56910/safari.v2i2.1350

Sahir, et al. (2021). Pengembangan dan budaya organisasi. Yayasan Kita Menulis.

Sa’idaturrohmah, S., & Sunarso. (2021). Penerapan nilai-nilai demokrasi pancasila melalui pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Sayegan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, 10(4).

Sauzin, J. (2023). Peranan organisasi siswa intra sekolah (osis) dalam membentuk karakter peserta didik siswi Di MA Bahrul Ulum. Journal of Islamic Education Management, 1(2), 86-88.

Sakti, B. A., Wingkolatin., & Marwiah. (2024). Analisis peran organisasi siswa intra sekolah (osis) sebagai pembentuk karakter kepemimpinan siswa di SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 1(3), https://journal.pipuswina.com/index.php/jippsi/article/view/65

Saputra, A. M. A., et al. (2023). Pendidikan karakter di era milenial: membangun generasai unggul dengan nilai-nilai positif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sriwahyuningsih, V., & Barseli, M. (2022). Efektifitas latihan dasar kepemimpinan (ldk) pada peserta didik tingkat sma dalam menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4087

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.Sriwahyuningsih, V., & Barseli, M. (2022). Efektifitas latihan dasar kepemimpinan (ldk) pada peserta didik tingkat sma dalam menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4087

Winarno, W. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, strategi, dan penilaian. Bumi Aksara.

Wulandari, D., & Marzuki, M. (2019). Hubungan kompetensi guru PPKn dengan efektivitas pembentukan karakter disiplin pada peserta didik SMK Negeri se-kabupaten Kulon Progo. AGORA, 8(1), 45-56. https://journal.student.uny.ac.id/civics/article/view/14618/14191

Yusmuliandi., & Agustang, A. (2021). Peranan OSIS dalam membentuk karakter peduli sosial siswa di SMA Negeri 3 Barru. Journal of Sociology Review, 1(3). https://shorturl.at/ECWsY




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i2.23837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link