Implementasi Nilai Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila: Studi Kasus di SMP Negeri 8 Yogyakarta
Abstract
Pendidikan Pancasila memiliki peran strategis dalam membentuk karakter siswa, khususnya dalam menanamkan nilai toleransi antarumat beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode pembelajaran yang digunakan guru dalam mengembangkan sikap toleransi siswa, serta mengidentifikasi tantangan dan solusi dalam penerapan pendidikan karakter toleransi di SMP N 8 Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai toleransi dapat ditanamkan melalui diskusi kelompok, refleksi, dan integrasi pendidikan karakter dalam kegiatan sekolah. Namun, kendala yang dihadapi meliputi rendahnya partisipasi siswa dan kecenderungan kelompok sosial berbasis agama atau akademik. Guru berupaya mengatasi tantangan ini dengan pendekatan personal, penerapan aturan yang mendorong inklusivitas, serta penciptaan suasana pembelajaran yang lebih kolaboratif.
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan ajar sebagai bagian dalam kajian problematika pembelajaran bahasa indonesia. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838
Bray, M. (2019). Community education and nation-building in non-formal programmes: A case study from Indonesia. Compare: A Journal of Comparative and International Education, 49(2), 193–208. https://doi.org/10.1080/03057925.2017.1390164
Darmadi, D. H., & Pd, M. (2019). Pengantar pendidikan era globalisasi: Konsep dasar, teori, strategi dan implementasi dalam pendidikan globalisasi. An1mage
Efriani, E., Ahyani, N., & Fattah, A. H. (2021). Implementasi Manajemen Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 14(2), 117-121. https://doi.org/10.21107/pamator.v14i2.11533
Fikri, A. A., Nurona, A., Saadah, L., Nailufa, L. E., & Ismah, V. (2021). Keterampilan guru dalam membimbing diskusi pada pembelajaran abad 21. Journal of Education and Teaching, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.119
Fitriani, S. (2020). Keberagaman dan Toleransi Antar Umat Beragama. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 20(2), 179-192. https://doi.org/10.24042/ajsk.v20i2.5489
Harahap, R., & Pohan, S. (2024). STRATEGI MENGAJAR GURU PKN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN TAPANULI SELATAN. JURNAL KEWARGANEGARAAN, 3(02). https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/kwn/article/view/2128
Munif, M., Rozi, F., & Kulsum, U. (2022). Desain Video Vlog dalam Menumbuhkembangkan Karakter Anak Usia Dini. MANAZHIM, 4(1), 78-93.
Nurlailah. (2025). Strategi pembelajaran PPKn dalam menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama di sekolah menengah. Jurnal Ilmu Pendidikan Pancasila, Kewarganegaraan, dan Hukum, 2(1).
Poriati, N. K. (2022). PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA SMP NEGERI 5 KEDIRI. Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan, 20(1), 15-20. https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v20i1.401
Saodah, S., Pratiwi, A. R., Pratiwi, S. A., & Halimah, S. (2020). Pengunaan Media dalam Pembelajaran PKn SD. Pandawa, 2(3), 386-395. https://doi.org/10.36088/pandawa.v2i3.908
Tamaeka, V. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Melalui Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 14(1), 14-22. http://dx.doi.org/10.24014/trs.v14i1.18231
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i1.23784
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.