Upaya Penguatan Karakter Kebinekaan Global Melalui Implementasi Pendidikan Multikultural di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta
Suharno Suharno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan multikultural dalam penguatan karakter kebinekaan global, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya, serta menganalisis upaya mengatasi hambatan tersebut di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis melalui proses kondensasi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan multikultural dilakukan secara sistematis melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Nilai-nilai keberagaman diintegrasikan dalam pembelajaran, budaya sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler. Faktor pendukung mencakup keberagaman latar belakang siswa, peran aktif guru, kebijakan inklusif sekolah, serta kegiatan budaya seperti BODA Creative Week dan Live In. Sementara itu, hambatan yang muncul meliputi kesenjangan komunikasi, kesalahpahaman akibat keberagaman, kurangnya pemahaman batasan berekspresi, dan keterbatasan kurikulum dalam mengakomodasi keberagaman. Upaya mengatasi hambatan dilakukan melalui dialog budaya, kelas lintas budaya, seminar orang tua, tim pemantau keberagaman, dan proyek kolaboratif antar sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Afriliani, M., Magdalena, M., Fitri, S. F. N., & Rustini, T. (2024).
Analisis pendidikan multikultural pada siswa sekolah dasar melalui keragaman budaya, Journal on Education, 6(2), 11796-11804. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4978/3920
Agustian, M., Hilman, K. S., & Purwansi, R. (2022). Penerapan pendidikan multikultural di sekolah dasar berbasis agama Islam, Katolik, dan Buddha, Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 6(2), 551-559. https://journal.untar.ac.id/index.php/jmishumsen/article/view/15261
Anggraini, P., & Kusniarti, T. (2016). The implementation of character education model based on empowerment theatre for primary school students. Journal of Education and Practice, 7(1), 26-29
Artikasari, Y. (2020), Penanaman nilai-nilai multikultural melalui pendidikan agama di SMA Bopkri 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Kristen dan Ilmu Teologi Marturia, 2(1), 82-83. https://jurnal.stakmarturia.ac.id/umum/article/view/7
Banks, J. A., & Banks, C. A. M. (2010). Multicultural Education: Issues and Perspectives (7th ed.). United States of America: Wiley.
Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2017). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Bangun Rekaprima, 3(2), 33-42.https://jurnal.polines.ac.id/incex.php/bangun rekaprima/article/view/865/699
Dewi, N. P. C. P., Suja, I. W., & Sutajaya, W. (2022). Implementasi model brain-based learning berbasis. Tri Hita Karana untuk meningkatkan karakter berkebinekaan global siswa sekolah dasar. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan https://doi.org/10.56806/jh.v3i1.115 dan Penelitian, 3(4), 45-51.
Hamalik, D. (2007). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.
Hartanto, P. (2007). Pendidikan Islam dalam paradigma multikultura! (Tesis doktor, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Indrapangastuti, D. (2014) Praktik dan problematik pendidikan multikultural di SMK. Jurnal Pembangunan Pendidikan: https://doi.org/10.21831/jppfa.v711.2614 Fondasi dan Aplikasi, 2(1).
Karim. (2013). Pengaruh keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar dan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar matematika. JMP Matematika 1 (1), https://doi.org/10.18592/jpm.v1.1.103 1-8.
Khoeratunisa, S., Yektyastuti, R., & Helmanto, F. (2023). Eksplorasi kebinekaan global dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila siswa sekolah dasar. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 3, 478-493.
Komang, N., Satya, N., Kadek, N., & Raditya, H. (2022). Pembelajaran bahasa sebagai penguatan profil pelajar Pancasila. Pedalitra II: Seminar Pembelajaran Bahasa Sebagai Penguat Profil Pelajar Pancasila, 130-134.
Kuncoro, M. E. H., Maufur, M., & Basukiyatno, B. (2024). Implementasi pendidikan multikultural sebagai penguatan nilai karakter santri di Pondok Pesantren Darul Mujahadah Kabupaten Tegal. Journal of Education Research, 5(2), 1015-1025. https://doi.org/10.37985/jer v5:2.962
Mazid, S., & Suharno, S. (2019). Implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PKn. Harmoni Sosial Jurnal http://dx.doi.org/10.21831/hsjpl.v6i1.10248 Pendidikan IPS, 6(1), 72-85.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. SAGE Publications.
Palipung, N. (2016). Implementasi pendidikan multikultural di sekolah inklusi SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 5(5), 558-566. https://journal.student uny ac id/index.php/sakp/article/view/5320/5029
Prasetyo, D., Marzuki, M., & Riyanti, D. (2019). Pentingnya pendidikan karakter melalui keteladanan guru. Harmony: Jurnal Pembelajaran https://doi.org/10.15294/harmony.v4i1.31153 IPS dan PKN 4(1), 19-32
Prastyani, K. L., Farida, N. A., Rosalia, I., Faishal, M. F., & Haq, M. N. Z. (2023). Membumikan kebinekaan bangsa indonesia melalui pendidikan pluralisme dan multikulturalisme. HAWARI: Jurnal Pendidikan Agarma dan https://doi.org/10.35706/hw.v4i1.9372 Keagamaan Islam, 4(1), 100-109.
Rahayu, D. N. O., Sundawa, D., & Wiyanartı, E. (2023). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya dalam membentuk karakter masyarakat global. Visipena, 14(1), https://doi.org/10.46244/visipena.v14.1.2035 14-28
Rifa'i, I. (2015). Tantangan pendidikan multikultural dalam era globalisasi di Indonesia. Islamica, 3(1), 72-76.
Rusdi, M. (2021). Penanganan intoleransi oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Widya Pranata Hukum Jurnal Kajian dan https://doi.org/10.37631/widvapranata.v3(1.266 Penelitian Hukum, 3(1), 129-145
Saputro, J. D., & Murdiono, M. (2020). Implementation of character education through a holistic approach to senior high school students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(11), 460-470 http://dx.doi.org/10.18415/jmmu.v7.11.2146
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. PT Alfabeta.
Suharno. (2016). Membangun kebangsaan multikultural Teoritis, praktis, dan konteks pengembangannya. Diandra Pustaka Indonesia.
Suharno. (2021). Pendidikan multikulturalisme konsep, tata kelola, dan praktik penyelesaian konflik multikultural. Insania.
Sulaiman, S., Musawir, M., & Aisda, S. (2023). Implementation of multicultural education to strengthen religious tolerance character. Education: Journal of Education, 8(1), 92-100. https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ecucatio/article/view/1243
Suryaningsih, T., Maksum, A., & Marini, A. (2023). Membentuk profil pelajar Pancasila dimensi berkebinekaan global melalui pendidikan multikultural di sekolah dasar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3), https://doi.org/10.20961/jec.v713.79594
Suryati, R., Akrim, A., & Prasetia, 1. (2022), Implementasi nilai pendidikan karakter berbasis multikultural dalam meningkatkan karakter siswa di SMP Negeri 3 Medan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/pdk/article/view/8696 3122-3127.
Susilowati, E., & Masruroh, N. N. (2018). Merawat kebinekaan menjaga keindonesiaan: belajar keberagaman dan kebersatuan dari masyarakat pulau. Jurnal Sejarah Citra Lekha, 3(1), 13-19. https://doi.org/10.14710/jsclv311.17856
Zamroni. (2011). Pendidikan demokrasi pada masyarakat multikultural. Gavin Kalam Utama.
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i1.23743
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.