Pendidikan politik melalui simulasi pemilu dalam kegiatan P5 Suara Demokrasi di SMA SahabatQu Boarding School
Nasiwan Nasiwan, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menjelaskan bagaimana pelaksanaan P5 Suara Demokrasi di SMA SahabatQu Boarding School dan 2) mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan P5 Suara Demokrasi di SMA SahabatQu Boarding School. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model analisis Miles, Huberman dan Saldana dengan bantuan software ATLAS.ti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan P5 Suara Demokrasi merupakan pendidikan politik. Siswa melakukan simulasi pemilu, mempelajari tugas dan wewenang lembaga negara, melakukan analisis kondisi politik di Indonesia, dan mengasah skill politik praktis. Kegiatan ini terdiri atas tahap pengenalan, kontekstual, dan aksi. 2) Faktor pendukung pelaksanaan kegiatan ini yaitu fasilitas memadai, euforia tahun politik, dan pelaksanaan yang berdekatan dengan pemilihan ketua OSIS. Adapun faktor penghambat yaitu keterbatasan akses laptop, banyaknya jumlah kertas suara, terpisahnya pelaksanaan siswa putra dan putri, dan perbedaan daya tangkap siswa.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, E., Sukardi, & Idris, M. (2023). Analisis kegiatan P5 dalam penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran sejarah di SMA Maitreyawira Palembang. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.12435
Faryda, D. A. (2023). Implementasi program kurikulum merdeka dalam membentuk profil pelajar Pancasila (studi pada SMA Negeri 4 Surakarta). Universitas Sebelas Maret.
Gitiyarko, V. (2023). Dilema pendidikan politik di Indonesia. Kompas.Id.
Handayani, Y. N. D., & Mustofa, R. H. (2025). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMA di Provinsi Jawa Tengah. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(3), 1495–1512. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7326
Handoyo, E., & Lestari, P. (2017). Pendidikan politik. www.pohoncahaya.com
Khoiriyah, U. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) di MTsN 11 Jombang. 2(1), 1–13. https://doi.org/10.5281/zenodo.7950490
Khomsatun, N., Solehuddin, M., & Mulyadi. (2023). Implementasi profil pelajar pancasila dalam pembelajaran PAI kelas X di MAN 2 Gresik. RISDA: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.59355/risda.v7i1.103
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. LPSP.
Muzaki, A. F. (2024). Komnas HAM: Kelompok Marginal dan Rentan Kehilangan Hak Pilih Pemilu 2024. Rumahpemilu.Org.
Nasiwan. (2023). Pendidikan politik transformatif. UNY Press.
Our Wold in Data. (2024). Voter turnout of registered voters. https://ourworldindata.org/grapher/voter-turnout-of-registered-voters?tab=chart&time=1945..2023&country=IDN~MYS~SGP~THA~LAO~KHM~PHL~VNM~MMR
Peraturan KPU No 7 Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (2024).
Perdana, A., Silitonga, B. M., Liando, F. D. M., Rizkiyansyah, F. K., Nugroho, K., Sukmajari, M., Tanthowi, P. U. ., & Anggraini, T. (2019). Tata kelola pemilu di Indonesia. Komisi Pemilihan Umum, Republik Indonesia.
Poltak, H., & Widjaja, R. R. (2024). Pendekatan metode studi kasus dalam riset kualitatif. Local Engineering, 2(1). https://doi.org/10.59810/localengineering
Sanjaya, Y. C. A., & Dzulfaroh, A. N. (2024). Bawaslu Temukan 19 Masalah dalam Pemilu 2024, Berikut RinciannBawaslu Temukan 19 Masalah dalam Pemilu 2024, Berikut Rinciannya. Kompas.Com.
Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Azmina, N., Indriyani, R., & Suryaningsih, S. (2022). Analisis kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai penerapan pembelajaran terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578
Sundari, F. W., & Ishak. (2015). Faktor Penyebab Rendahnya Partisipasi Pemilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan di Kecamatan Pangkalan Kerinci Tahun 2015. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau.
Sutrisman, D. (2018). Pendidikan politik, persepsi, kepemimpinan, dan mahasiswa. Guepedia.
Ulfah, N., Sumardiyani, L., Ardini, S. N., & Pramesti, M. R. D. (2023). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) dengan tema suara demokrasi di SMK Negeri 6 Semarang. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 455–462. https://doi.org/10.55681/primer.v1i4.178
Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. https://www.researchgate.net/publication/344211045
Yuntawati, Y., & Suastra, I. W. (2023). Projek P5 sebagai penerapan diferensiasi pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka: literature review studi kasus implementasi P5 di sekolah. Empiricism Journal, 4(2), 515–525. https://doi.org/10.36312/ej.v4i2.1651
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i2.23739
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.