Analisis Pengaruh Pemahaman Pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam Meningkatkan Kesadaran Bela Negara Pada Peserta Didik di SMP Negeri 1 Piyungan

Dyah Ayu Maharani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Budi Mulyono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap kesadaran bela negara pada peserta didik di SMP Negeri 1 Piyungan. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh peserta didik SMP Negeri 1 Piyungan Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 760 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik stratified random sampling dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 89 peserta didik. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis, analisis deskriptif, serta uji analisis akhir dengan menggunakan uji regresi sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara pemahaman pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap kesadaran bela negara pada peserta didik di SMP Negeri 1 Piyungan. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil Uji T, dimana nilai π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ (12,698 > 1,662). Variabel pemahaman pembelajaran Pendidikan Pancasila terbukti mempengaruhi variabel kesadaran bela negara sebesar 65,0%, sedangkan sisanya 35,0% dipengaruhi oleh faktor lain. Model regresi sederhana yang dihasilkan yaitu Y = 18,073 + 1,007X. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pemahaman pembelajaran Pendidikan Pancasila maka semakin tinggi pula tingkat kesadaran bela negara pada peserta didik di SMP Negeri 1 Piyungan.

Full Text:

PDF

References


Armalena, Asril, & Yuherman. (2024). PANCASILA SEBAGAI LANDASAN ETIKA DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. 1(September), 9–13.

Asley, R. (1988). Untying the Sovereign State: A Double Reading of the Anarchy Problematique. SAGE Publications.

Asril, Jaenam, Syahrizal, Armalena, & Yuherman. (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Demokrasi dan Nasionalisme Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300–1309. https://jim.usk.ac.id/sejarah

Dewi, M. A., Saepudin, A., Muharjono, Mulyanto, I. H., & Arofah, K. (2016). MODEL INTERNALISASI SOFT SKILL BELA NEGARA BAGI MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) MELALUI KEGIATAN TERINTEGRATIF DAN BERKELANJUTAN. 1–23.

Hartono, D. (2020). Fenomena Kesadaran Bela Negara di Era Digital dalam Perspektif Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 8(1), 19.

Imron, F. (2003). Penerapan Pembelajaran PPKn dalam menumbuhkan Pemahaman Ideologi Pancasila pada Siswa. Zitteliana, 19(8), 159–170.

Iriany, I. S. (2014). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Revitalisasi Jati Diri Bangsa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 08, 55. www.journal.uniga.ac.id

McKinsey, J., & Burke, D. (2014). Carper’s Understanding the Law. Cengage Learning.

Noventue, R., Ginanjar, S., & Astutik, A. (2024). Hakikat Pendidikan: Menginternalisasikan Budaya

Melalui Filsafat Ki Hajar Dewantara Dan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), 2809–2818.

Ramadhan, A. R., Arpannudin, I., Maulana, D. F., Areza, D., & Fadilah, M. R. (2024). Upaya Guru Pendidikan Pancasila dalam Mencegah Aksi Tawuran melalui Pendidikan Karakter Berbasis Nilai- Nilai Pancasila. 13(001), 1107–1118.

Ramadhani, N., Sembiring, M., & Wibawa, S. (2018). Upaya Meningkatkan Patriotisme Dengan Metode Diskusi Materi Bela Negara Pelajaran Pkn Siswa Kelas Xi Ipa Sma Ypis Maju Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1), 68. https://doi.org/10.37755/jspk.v1i1.55

Sartika, R., & Ndona, J. (2016). PERAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA 4.0. 09, 1–23.

Septian, F. W., Azzahra, D. N., & Badruzzaman, S. F. (2023). Bela Negara Sebagai Upaya Menghadapi Ancaman Dan Tantangan Di Era Globalisasi. JURNAL PEKAN Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, December. https://www.researchgate.net/profile/Dela- Azzahra/publication/376751875_BELA_NEGARA_SEBAGAI_UPAYA_MENGHADAPI_ANCAMAN_ DAN_TANTANGAN_DI_ERA_GLOBALISASI/links/6585bb5d3c472d2e8e7b2c13/BELA-NEGARA- SEBAGAI-UPAYA-MENGHADAPI-ANCAMAN-DAN-TANTANGAN-DI-ERA-GLOBALIS

Septoyadi, & Candrawati. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Yang Berwawasan Pancasila Di Man 4 Sleman Yogyakarta. Khazanah: Jurnal Mahasiswa, 12(1), 41–53. https://doi.org/10.20885/khazanah.vol12.iss1.art3

Somantri. (2001). Pendidikan Kewarganegaraan: Suatu Pengantar. Remaja Rosda Karya.

Sunara Akbar, R., Afwa Ashari, H. A., Suharsono, J. P., Ramadanti, G., Apriansyah, M. R., Sulistiyawan, H., & Triandeda, K. D. (2024). Urgensi Pendidikan Bela Negara di Era Society 5.0 (Tantangan dan Peluang). Journal on Education, 6(4), 19343–19354. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5868

Suntara, R. A. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Hukum Bagi Warga Negara. Scripta : Jurnal Kebijakan Publik Dan Hukum, 2(2), 307–316. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/civicedu/article/view/6948

Suryatni, L. (2019). Bela Negara Sebagai Pengejawantahan Dalam Ketahanan Nasional Berdasarkan Uud Nri 1945. Bela Negara Sebagai Pengejawantahan Dalam Ketahanan Nasional Berdasarkan UUD NRI 1945, 10(1), 49–62.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i2.23693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.Β 

Register link