Peran Model Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dengan Tipe Teams Games Tournaments Berbantuan Aplikasi Kahoot Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Yogyakarta
Samsuri Samsuri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel penelitian atau penentuan kelas yang akan dijadikan kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu menggunakan cara Purposive Sampling, maka sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B dengan jumlah 32 siswa setiap kelasnya, penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan dengan cara mengundi kedua kelas tersebut secara acak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pretest dan posttest tentang kemampuan berpikir kritis dapat dilakukan dengan menggunakan instrumen tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh penerapan pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Yogyakarta, dengan hasil uji Mann Whitney menunjukan nilai Sig. (2 tailed) adalah sebesar 0,816 ( > 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh penerapan pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Yogyakarta.
Full Text:
PDFReferences
Nanggala, A. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Multikultural. Jurnal Soshum Insentif, 3(2), 197–210. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i2.354.
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.
Sidiq, M. A., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 361–370. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.358.
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305.
Wika Alzana, A., Harmawati, Y., & Pd, M. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 51–57. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/2370.
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i1.23655
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.