Kesiapan guru Pendidikan Pancasila dalam optimalisasi asesmen diagnostik di Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Sefia Nur Hidayah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Marzuki Marzuki, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru dalam mengimplementasikan asesmen diagnostik sebagai bagian dari Kurikulum Merdeka. Pembelajaran berdiferensiasi yang terus menuntut guru mengembangkan keterampilannya dalam mengajar membutuhkan asesmen diagnostik dalam praktik pembelajaran. Penelitian ini akan mendeskripsikan tentang pemahaman guru terhadap asesmen diagnostik dan praktiknya dalam melaksanakan asesmen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus yang dilakukan di tiga sekolah menengah pertama di Kabupaten Sleman. Subjek penelitian ini adalah guru-guru Pendidikan Pancasila yang dipilih secara purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki pemahaman akan pentingnya asesmen diagnostik dan mampu mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran, meskipun masih menghadapi kendala administratif dan waktu. Asesmen diagnostik terbukti efektif untuk pemetaan kebutuhan belajar siswa dan membantu guru dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi. Secara keseluruhan, penelitian ini memperkuat urgensi asesmen diagnostik sebagai fondasi penting dalam transformasi pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis kebutuhan siswa.


Full Text:

PDF

References


Budiono, A. N., & Hatip, M. (2023). Asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109-123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approachs (4th ed.). SAGE Publications.

Darmayanti, A. T., Pradana, B. E., & Putri, B. P. (2023). Literature Review: Problematika kesiapan guru terhadap penerapan kurikulum merdeka. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (Vol. 5, pp. 465-471). Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/583

Elisa, E. (2018). Pengertian, peranan, dan fungsi kurikulum. Jurnal Curere, 1(02). http://dx.doi.org/10.36764/jc.v1i02.81

Endot, Z., Jamaluddin, R., Mohd Ayub, A. F., & Mohd Puad, M. H. (2021). Teacher readiness in implementing the teaching of design and technology and its relationship with self-efficacy and intrinsic motivation. International Journal of Human Resource Studies, 11, 1111-1122.

Darling-Hammond, L. (2000). Teacher quality and student achievement. Education policy analysis archives, 8, 1-1. https://doi.org/10.14507/epaa.v8n1.2000

Insani, F. D. (2019). Sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia sejak awal kemerdekaan hingga saat ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43-64. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132

Jannah, M. P. B., & Murdiono, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan pancasila pada sekolah menengah pertama negeri. AGORA, 12(5), 488-499. https://journal.student.uny.ac.id/civics/article/view/22271

Kurniati, L., & Kusumawati, R. (2023). Analisis kesiapan guru SMP di demak dalam penerapan kurikulum merdeka. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6), 2683-2692. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i6.5031

Latif, Y. (2020). Filsafat Pancasila: Kajian komprehensif terhadap nilai-nilai dasar bangsa. Yogyakarta: Penerbit Nusantara.

Laulita, U., Marzoan, M., & Rahayu, F. (2022). Analisis kesiapan guru dalam mengimplementasikan asesmen diagnostik pada kurikulum merdeka. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 5(2), 1-17. https://doi.org/10.47165/jpin.v5i2.348

Manasia, L., Ianos, M. G., & Chicioreanu, T. D. (2019). Pre-service teacher preparedness for fostering education for sustainable development: An empirical analysis of central dimensions of teaching readiness. Sustainability, 12(1), 166. https://doi.org/10.3390/su12010166

Mardawani. (2020). Praktis penelitian kualitatif: Teori dasar dan analisis data dalam perspektif kualitatif. DEEPUBLISH.

Masykur, R. (2019). Teori dan telaah pengembangan kurikulum. Anugrah Utama Raharja.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Murdiono, M., Kuncorowati, PW, Arpannudin, I., & Suyato, S. (2023). Media berbasis ROTELA-sebuah inovasi untuk pengajaran pancasila dan pendidikan kewarganegaraan. Jurnal kewarganegaraan: Media kajian kewarganegaraan, 20 (1), 1-14. https://doi.org/10.21831/jc.v20i1.59491

Mutiani, M., & Faisal, M. (2019). Urgency of the 21st century skills and social capital in social studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1256

Nandini, S., Montessori, M., Suryanef, S., & Fatmariza, F. (2024). Hambatan guru dalam pelaksanaan asesmen diagnostik pada pembelajaran PPKn berdasarkan kurikulum merdeka. Journal of education, cultural and politics, 4(2), 333-345.

Puspitasari, R. (2019). Kesiapan guru (teacher readiness) dalam menangani siswa berkebutuhan khusus di kelas reguler pada sekolah berbasis inklusif. Skripsi. Fakultas psikologi dan kesehatan universitas islam negeri sunan ampel: Tidak Diterbitkan.

Raharjo. (2022). Analisis kesiapan guru PPKn dalam implementasi kurikulum merdeka. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan, 85-92. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/pknprogresif/article/view/83417

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rosidah, A., Isroani, F., Karim, A.R., Pebriana, P.H., Taryatman, Harisman, Aminah, Harun, L., Bakar, M.T., Amam, A., Takdir, N., Hajiali, I., Tahir, M., Syarif, A., Wahab, A., Ulfa, N.A., Hamzah, Y., Yetti, R., & Masding. (2023). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran. CV. RinMedia.

Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. Jurnal Education and development, 10(3), 694-700. https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.3690

Saleh, Sirajuddin. (2017). Analisi data kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Sukmadinata, N. S. (2020). Pengembangan kurikulum teori dan praktik. Rosdakarya

Sutrisno, R., & Mahmudah, S. (2024). Strategi pembelajaran pendidikan pancasila dalam membangun karakter bangsa. Semarang: Widya Aksara.

Suwarto. (2017). Pengembangan tes diagnostik dalam pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Tang, F., and P. Zhan. (2021). “Does diagnostic feedback promote learning? Evidence from a longitudinal cognitive diagnostic assessment.” AERA Open 7(1), 1–15. https://doi.org/10.1177/23328584211060804

Trisna, S. A. (2019). Implementasi kebijakan pemenuhan sarana dan prasarana sekolah dalam menunjang pembelajaran siswa (Studi di SMPN 3 Kepanjen) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Widi, S. (2023). Data kualitas pendidikan siswa di Indonesia berdasarkan hasil PISA 2022. DataIndonesia.id.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i1.23652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link