Evaluasi terhadap penilaian proses pembelajaran dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMP Negeri Se-Kota Yogyakarta

Muhammaad Afan Gaffar, Universistas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suyato Suyato, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan penilaian proses mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMP Negeri se-Kota Yogyakarta, dengan fokus pada perencanaan, pelaksanaan, laporan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model evaluasi Discrepancy dari Malcolm Provus. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 16 Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Yogyakarta dengan sampel sebanyak 4 sekolah yang menjadi Pilot Project dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui lembar angket, observasi, dan dokumentasi dengan instrumen divalidasi menggunakan Indeks Aiken dan diuji reliabilitasnya menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian proses secara keseluruhan berada dalam kategori sangat baik dengan kesenjangan 18,540%. Rinciannya, perencanaan penilaian proses mendapatkan presentase kesenjangan 7,778% termasuk kategori sangat baik, pelaksanaan penilaian proses mendapatkan presentase kesenjangan 4,587 % termasuk kategori sangat baik, dan laporan penilaian proses mendapatkan presentase kesenjangan 43,256% termasuk kategori baik. Secara umum, penilaian proses Pendidikan Pancasila di SMP Negeri se-Kota Yogyakarta dinilai sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar evaluasi program pendidikan (C. Wijaya, Ed.). Perdana

Publishing.

Farida, I. (2017). Evaluasi pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Kemendikbudristek. (2024). Lokasi Program Sekolah Penggerak. Kementerian Pendidikan,

Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, Program Sekolah Penggerak. https://pspweb.pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/#/implementasi-psp

Mardapi, D. (2016). Pegukuran, penilaian dan evaluasi pendidikan. Parana Publishing.

Mujab, S., Ade, & Gumelar, W. S. (2023). Analisis implementasi kurikulum merdeka (studi kasus SMK

Al Huda Kedungwungu Indramayu). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 1538–1545.

Nurdin, S., Kosim, M., & Tabrani. (2023). Perencanaan kurikulum dan pembelajaran. Journal on

Education, 06(01), 5554–5559.

Purwaningsih, I., Hernawati, L., Wardarita, R., & Indah Utami, P. (2022). Pendidikan sebagai suatu

sistem. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 10,

–26. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/visionary

Rina Febriani. (2019). Evaluasi pembelajaran (B. S. Fatmawati, Ed.). PT Bumi Aksara.

Sudjana, N. (2014). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Rosdakarya.

Supriyani, Qur’ani, E. N., Nadila, N., & Faizin, A. K. (2023). Kurikulum dan perencanaan pembelajaran.

Antologi Kajian Multidisplin Ilmu (Al-Kamli), 1, 19–33.

Syafriani, Y., Ramadhani, S., Harahap, F. A., Zuraira, T., & Fadila, A. S. (2022). Peran dan tugas guru

dalam manajemen kurikulum. Jurnal Edumaspul, 6, 573–576.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i1.23636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link