The Influence of Youth Scientific Work Extracurricular Activities on Critical Thinking Skills of Junior High School Students in Depok District, Sleman
Iqbal Arpannudin, Yogyakarta State University, Indonesia
Abstract
Artikel ini mengkaji tentang pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP di Kabupaten Depok, Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP di Kabupaten Depok Sleman yang berjumlah 2.110 orang. Sampel penelitian sebanyak 95 siswa dipilih secara purposive sampling . Pengumpulan data menggunakan angket yang berisi pernyataan item-item. Uji validitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Indeks Aiken, dan reliabilitas diukur dengan menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data meliputi uji perenang, uji analisis statistik deskriptif, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,023<0,05. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya penelitian ini menemukan adanya pengaruh positif dan signifikan kegiatan ekstrakurikuler KIR terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP di Kabupaten Depok, Sleman.
Full Text:
PDFReferences
Annisa, M. N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran ekstrakurikuler dalam meningkatkan karakter kewarganegaraan siswa di sekolah. 5. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2141
Arisandy, A. O. A. P., & Suyato, S. (2023). Penguatan keterampilan kerja sama siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Peleton Inti di SMA N 1 Sentolo. AGORA, 12(2), 165-176.
Asrori. (2020). Buku psikologi pendidikan. https://repository.um-surabaya.ac.id/4461/1/Buku_Psikologi_Pendidikan.pdf
Damayanti L. (2019). Peran kegiatan ekstrakurikuler tapak suci dalam menanamkan karakter semangat kebangsaan pada siswa man rejang lebong. https://e-theses.iaincurup.ac.id/
Darlina, E., Wardhana, D. E. C., & Ariesta, R. (2021). Kajian Retorika Struktur Argumen Karya Tulis Ilmiah Siswa Hasil Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja SMA. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(1), 159–172. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i1.1290
Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). Pengaruh kemandirian belajar siswa smp terhadap kemampuan penalaran matematis. Journal On Education, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.66
Fitriyani, N., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan Kompetensi Civic Disposition dalam Membentuk Sikap Disiplin melalui Kegiatan Pramuka di SMP Negeri 2 Sawit (Vol. 13).
Hidayah, Y., Istiqomah, A., Prasetyo, R. A., & Arpannudin, I. (2024). Penguatan keterampilan kewarganegaraan melalui keterlibatan dalam menunjang penalaran moral mahasiswa (studi pada himpunan mahasiswa pknh uny). Journal Genta Mulia, 15(1), 387–398. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm
Masnawati, E., & Darmawan, D. (2023). Peran ekstrakurikuler dalam membentuk karakter siswa. 1(4), 305–318. https://doi.org/10.59603/ppiman.v1i4.347
Mery Fittria, Syamsu Nahar, & Fibri Rakhmawati. (2024). Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler hizbul wathan dan budaya sekolah terhadap pembentukan karakter islami siswa sekolah menengah atas (SMA). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 751–762. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5772
Muharram, N. , S. R. , & A. H. (2022). Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler sekolah, motivasi belajar dan kemandirian terhadap social entrepreneurship siswa SMA Negeri 5 Wajo. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.2020
Paramita, R. W. D. (2015). Metode penelitian kuantitatif. www.tajmahal.blogspot.com
Ramadhana, B., Meitasari, I., Hamka, M., Kunci, K., Pendidikan, T., Hidup, K., Sosial, H., Lingkungan, K., & Malaka Sari, K. (2023). Kajian tingkat pendidikan terhadap kualitas hidup masyarakat (Vol. 8, Issue 2). https://jppg.uho.ac.id/index.php/journal/article/download/1/13/150
Rizky, F., Lubis, Y., Suryani, I., & Wahyuni, S. (2024). Kerja Sama Orang Tua Dengan Guru Bimbingan Konseling Membina Kemandirian Belajar Siswa di MAN 3 Langkat. Fauziah Rizky Yusuf Lubis, et.Al, 2(1), 1–11. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jitk
Susanto, H., Irmawati, I., Akmal, H., & Abbas, E. W. (2021). Ekstrakurikuler dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(1), 65. https://doi.org/10.24127/hj.v9i1.2980
Vygotsky, L. S. (1986). Thought and Language. Cambridge, MA: MIT Press. https://archive.org/details/thoughtlanguage0000unse
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i1.23495
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.