Analisis butir soal sumatif Pendidikan Pancasila dengan pendekatan Rasch di SMP Negeri 1 Pleret

Agusti Puji Lestari, Universitas Negeri Yogyakarta
Suyato Suyato Suyato, Universitas Negeri Yogyakarta
Dian Satria Charismana, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Analisis butir soal dilakukan untuk meningkatkan kualitas butir soal melalui revisi atau membuang soal yang tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik butir soal pilihan ganda asesmen sumatif akhir semester (ASAS) Tahun Ajaran 2024/2025 kelas VIII mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMP Negeri 1 Pleret, Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi. Data dianalisis menggunakan sofware Winsetp dengan Rasch model yang mengukur satu parameter yaitu tingkat kesulitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal pilihan ganda dalam ASAS memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi. Terdapat 1 soal (2%) yang tergolong sangat sulit, 11 soal (22%) yang tergolong sulit, 25 soal (50%) tergolong sedang, 7 soal (14%) tergolong mudah, dan 6 soal (12%) tergolong sangat mudah. Berdasarkan temuan tersebut, tingkat kesulitan soal ASAS memiliki variasi yang cukup baik.

 


Full Text:

PDF

References


Abdullah, N., Jahja, M., & Setiawan, D. G. E. (2022). Analisis kualitas butir soal pada mata pelajaran fisika di jurusan fisika fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 18(1), 44–52. https://doi.org/10.35580/jspf.v18i1.32358

Aeni, N., & Suyato, S. (2020). Analisis butir soal mata pelajaran PPKN kelas IX SMP 1 Karangjambu Purbalingga Tahun 2019/2020. Agora, 9(5), 490–501. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/17284.

Afriyanti, A. (2024). Rasch Model dalam Analisis Persepsi Mahasiswa Agroteknologi Terhadap Mata Kuliah Statistika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1009–1015. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2086

Anggarani, N., & Hidayat, R. A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal pada Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Berbasis HOTS pada Siswa Kelas V. Indonesian Journal of Islamic Elementary, 2(1), 49-58. https://doi.org/https://doi.org/10.28918/ijiee.v2i1.5154 Education

Arifin, Z. (2017). Evaluasi pembelajaran: prinsip, teknik, dan prosedur. PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara.

Asrul, A., Saragih, A. H. & Mukhtar, M. (2022). Evaluasi pembelajaran. Perdana Publishing.

Ayub, M. R. S. S. N., Istiyono, E., Munadi, S., Permadi, C., Pattiserlihun, A., & Sudjito, D. N. (2020). Analisa penilaian soal fisika menggunakan model rasch dengan program R. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 3(2), 46-52. https://doi.org/10.24246/juses.v3i2p46-52

Aqida, D. S. (2024). Penggunaan Rasch Model dalam Menganalisis butir soal matematika kelas V Sekolah Dasar. 4, 91-101. https://doi.org/https://doi.org/10.28918/ijiee.v4i1.6947

DeMars, C. (2018). Classical test theory and item response theory. The Wiley Handbook of Psychometric Testing.

Farida & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan reliabilitas dalam analisis butir soal. Al-Muarrib Journal of Arabic Education, 1(1), 34–44. https://doi.org/https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v1i1.2100

Hambelton, R. K., & Swaminathan, H., & Rogers, D. J. (1991). Fundamentals of item respon theory. Sage Publications. https://doi.org/10.5860/choice.29-4185

Hanna, W. F. & Retnawati, H. (2022). Analisis kualitas butir soal matematika menggunakan model rasch dengan bantuan software quest. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3695. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5908

Harmurni, L. (2019). Instrumen penilaian & validasinya. Uwais Inspirasi Indonesia.

Ida, F. F., & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 34-44. https://doi.org/https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v1i1.2100

Ismail, M. I. (2020). Asesmen dan evaluasi pembelajaran. Cendikia Publisher.

Jannah, R. (2024). Analisis kualitas butir soal dan abilitas siswa pada asesmen Madrasah Ibtidaiyah dengan Rasch Model. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(1), 331–342. https://doi.org/10.26811/didaktika.v8i1.1234

Jumini, S., Madnasri, S., Cahyono, E., & Parmin, P. (2023). Analisis kualitas butir soal pengukuran literasi sains melalui teori tes klasik dan rasch model. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 6(1), 758-765. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/2215

Nudin, I., & Hidayatullah, R. S. (2023). Analisis butir soal penilaian tengah semester mengunakan model Rasch di SMK Negeri 5 Surabaya. Jptm, 12(2), 132–139. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/52258

Prijowuntato, S. W. (2020). Evaluasi pembelajaran. Sanata Dharma Universitas Press.

Pudjiati, I & Madani, F. (2023). Asesmen Autentik Analisis Butir Soal Dengan Rasch Model Di Sekolah Dasar: Literature Review. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 1(4), 01–12. https://doi.org/10.59059/mutiara.v1i4.325

Purnama, D. N., & Alfarisa, F. (2020). Karakteristik Butir Soal Try Out Teori Kejuruan Akuntansi Smk Berdasarkan Teori Tes Klasik Dan Teori Respons Butir. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(1), 36–46. https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.31457

Retnawati, H. (2014). Teori respon butir dan penerapannya untuk peneliti, praktisi pengukuran dan pengujian, mahasiswa pascasarjana. Nuha Medika.

Sugiyono. (2019). Metodelogi penelitian kuantitatif dan kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sumintono, B. & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi model rasch untuk penelitian ilmu-ilmu sosial. Trim Komunikata.

Sumintono, B. dan Widhiarso. W. (2015). Aplikasi pemodelan rasch pada assessment pendidikan. Trim Komunikata.

Tarigan, E. F., Nilmarito, S., Islamiyah, K., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2022). Analisis instrumen tes menggunakan Rasch Model dan software SPSS 22.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 92–96. https://doi.org/10.15294/jipk.v16i2.30530

Utomo, B. (2022). Analisis validitas isi butir soal sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah berbasis nilai-nilai islam. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v1i2.4868




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i1.23439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link