Peran Pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam Meningkatkan Kompetensi Kewarganegaraan Digital Pada Peserta Didik SMP Negeri 1 Piyungan

roul alvaro prasetyo, , Indonesia
Budi Mulyono Mulyono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap kompetensi kewarganegaraan digital pada peserta didik SMP Negeri 1 Piyungan. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh peserta didik SMP Negeri 1 Piyungan Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 759 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik stratified random sampling dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 89 peserta didik. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis, analisis deskriptif, serta uji analisis akhir dengan menggunakan uji regresi sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap kompetensi kewarganegaraan digital pada peserta didik SMP Negeri 1 Piyungan. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil Uji T, dimana nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (9,845 > 1,662). Variabel pembelajaran Pendidikan Pancasila terbukti mempengaruhi variabel kompetensi kewarganegaraan digital sebesar 52,7%, sedangkan sisanya 47,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Model regresi sederhana yang dihasilkan yaitu Y = 7,172+1,149X. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pemahaman pembelajaran Pendidikan Pancasila maka semakin tinggi pula tingkat kompetensi kewarganegaraan digital pada peserta didik SMP Negeri 1 Piyungan.


References


Alinata, R., Susanti, E., Sari, W. A., Dinillah, S., Nurfadilah, & Sofi, D. N. (2024). Membangun kecakapan kewarganegaraan digital melalui implementasi PKn di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(1), 20–29. https://doi.org/10.61476/d0n6cg11

Arrahman, M. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan: Membangun Karakter Bangsa. Refika Aditama.

Ashaari, M. F., Ismail, N. F., Rasit, R. M., & Aini, Z. (2022). The Development of Islamic Digital Citizenship Model Based on a Fuzzy Delphi Method. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 38(4), 97–117. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2022-3804-06

Beneziria, 2018. Pengembangkan Literasi Digital pada Warga Negara Muda dalam Pembelajaran PPKn melalui Model VCT. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), pp. 11-20.

Branson, M. S. (1999). Belajar Civic Education dari Amerika. LKiS.

Choi, M. (2016). A Concept Analysis of Digital Citizenship for Democratic Citizenship Education in the Internet Age. Theory & Research in Social Education, 44(4), 565–607.

Hastangka & Farid, M., 2021. Model Pengembangan Pendidikan Pancasila untuk bidang Ilmu Hubungan Internasional. Jurnal Pendidikan, 9(2).

Ibda, H. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal dalam Perspektif Islam. Ar-Ruzz Media.

Insani, N. N., Hamidah, S., & Martadinata, W. U. (2024). Optimalisasi Kewarganegaraan Digital melalui Desain Pembelajaran Online. Journal on Education, 06(02), 14851–14860.

Kuntari, A. B. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Web: Digizen Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Kewarganegaraan Digital di SD XYZ Bogor. Eligible : Journal of Social Sciences, 1(1), 11–31. https://doi.org/10.53276/eligible.v1i1.19

Mulyono, B., Affandi, I., Suryadi, K., & Darmawan, C. (2022). Online civic engagement: Fostering citizen engagement through social media. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 19(1), 75–85. https://doi.org/10.21831/jc.v19i1.49723

Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 43. http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/literasi-DIGITAL.pdf

Nurgiansah, T. H. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Konvensional dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1529–1534. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Subhan, F., Sipahutar, I. Z., Manalu, J., Nababan, R., Sinurat, R., & Manik, S. G. (2023). Sinergisitas Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meminimalisir Tindakan Cyberbullying di Dunia Digital. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 1(2), 96–110. https://doi.org/10.61476/p4647r60

Usmi, R. (2023). Analisis Kewarganegaraan Global dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan. Journal of Civics and Moral Studies, 8(1), 1–9.

Vandita, L. Y., & Taufik, A. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Generasi Muda. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 290–297. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i2.900

Winataputra, U. S. (2001). Jatidiri Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Wahana Sistematis Pendidikan Demokrasi untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Pusat Penerbitan UT.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i1.23398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link