Penguatan karakter gotong royong melalui pembelajaran kolaboratif tipe NHT pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 1 Cangkringan Sleman

Dewi Ayu Rukmana, Universitas Negeri Yogyakarta
Samsuri Samsuri, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penguatan karakter gotong royong Di SMA Negeri 1 Cangkringan dilaksanakan dengan cara penerapan pembelajaran kolaboratif tipe NHT pada mata pelajaran pendidikan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penguatan karakter gotong royong di SMA N 1 Cangkringan melalui pembelajaran kolaboratif tipe NHT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cangkringan Sleman. Pengumpulan data melalui wawancara,observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif model. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik dapat menguatkan karakter gotong royong seperti berkolaborasi, bekerjasama, dan diskusi untuk memcahan masakah secara bersma. Namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala sehingga SMA Negeri 1 Cangkringan memiliki upaya untuk mengatasi dan meminimalisasi hambatan yang terjadi. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa SMA Negeri 1 Cangkringan menguatkan karakter gotong royong melalui pembelajaran kolaboratif tipe NHTpada mata pelajaran pendidikan pancasila

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, Y. R., & Jennah, L. (2023). Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Maharoh Kitabah Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 778-784. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5059

Amir, F.,Sutrisno. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 2 Parepare. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 13(3), 362-369. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpf.v13i3.67358

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291-304. DOI: https://doi.org/10.23887/jpku.v9i2.34133

Andrian, A. (2017). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Untirta Civic Education Journal. 2(1). DOI: https://dx.doi.org/10.30870/ucej.v2i1.2799

Apriono, D. (2013). Pembelajaran kolaboratif: Suatu landasan untuk membangun kebersamaan dan keterampilan. Diklus, 17(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/diklus/article/view/2897

Azhari, D.W., Asbari. M., Santoso. G. 2022. Sikap Individualisme Dalam Konteks Pendidikan Karakter: Perspektif Obed Kresna Widyapratistha. Jurnal Pendidikan Transformatif. Vol 1(1). DOI: https://doi.org/10.9000/jupetra.v1i1.158

Cruickshank, D., Jenkins, D., and Metclaf, K. (2006) The Act of Teaching 4th Analysis and Application. New Jersey: Merrill Prentice Hall.

Damri, M. P., Putra, F. E., & Kom, M. I. (2020). Pendidikan kewarganegaraan. Jakarta:Kencana.

Derung, T. N. (2019). Gotong royong dan Indonesia. SAPA: Jurnal Kateketik dan Pastoral, 4(1), 5-13.

Emalasari, N. P. A., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Penerapan Pembiasaan Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Gotong Royong Siswa SD. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1560-1566. DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2578

Fusnika, F., Hartini, A., & Cahyati, M. A. (2022). Implementasi nilai gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat (Studi Kasus Kegiatan Kerja Bakti Di RT/RW: 009/002 Dusun Keladan Tunggal Desa Mertiguna Kecamatan Sintang). JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 15-28. DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v7i1.1628

Hanafiah, D., Martati, B., & Mirnawati, L. B. (2023). Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Implementasi Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 539-551. DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.1862

Harianja, J.K., dkk. 2022. Tipe-Tipe Model Pembelajaran Kooperatif. Yayasan Kita Menulis

Hasibuan, H., & Khairuddin, K. (2024). Kolaborasi Yang Dilakukan Guru Bimbingan Konseling Dengan Orang Tua Melalui Komunikasi Dan Diskusi. Research and Development Journal of Education, 10(2), 1329-1338. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25959

Husain, R. (2020). Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Laela, I. N., Nurlatifah, M., Atika, N. Z., & Septiana, U. (2024). Penerapan Model Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(1), 94-105. DOI: https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i1.2710

Mahritta, M.(2016). Minat Peserta Didik Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Di Smpn 2 Rantau. Jurnal Socius, 5(1). DOI: https://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v5i1.3328

Marhamah, S. H. B., & Lutfiana, R. F. (2022). Analisis Karakter Gotong Royong Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 94-100.

Miles, M. B., Huberman A, M. H., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. SAGE publications.

Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, A., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan karakter gotong royong di sekolah dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 225-238. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4724

Mustaghfiroh, V., & Listyaningsih, L. (2023). Strategi Sekolah dalam Menginternalisasikan Nilai Karakter Gotong Royong pada Siswa di SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 382-397. DOI: https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p382-397

Oktavia, W., & Winanto, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Sikap Gotong Royong Kelas 3a Di Sd Negeri Ledok 02 Salatiga. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2574-2585. DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1833

Pratiwi, D. (2016). Pembelajaran Collaborative Learning Di Sekolah Dasar.

Rahayu, I. T., Pramuswari, M. F., Santya, M., Oktariani, R., & Fatimah, S. (2023). Analisis Hasil Pengaruh Perkembangan Iptek Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd/Mi. HYPOTHESIS: Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(01), 97-110.

Sari, L. Y., & Listyaningsih, L. (2023). Strategi Guru dalam Penanaman Karakter Gotong Royong pada Generasi Z di SMA Negeri 22 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30335-30345. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11902

Shoimin, A. (2014) 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sihombing, R. A., & Lukitoyo, P. S. (2021). Peranan Penting Pancasila Dan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 49-59. DOI: https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31426

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.

Supini, M., & Gunawan, S. (2023). Melalui Gotong Royong dan kolaborasi: Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 554-565. DOI: https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.640

Wahyuni, M., & Mustadi, A. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran collaborative learning berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter kreatif dan bersahabat. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2). DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12056




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i1.23396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link