Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka sebagai penguatan karakter nasionalisme peserta didik di SMP Negeri 1 Cangkringan Kabupaten Sleman

Shinta Dwiyanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Marzuki Marzuki, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk penguatan karakter seseorang. SMP N 1 Cangkringan Sleman telah menerapkan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka sebagai salah satu ekstra wajib di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan karakter nasionalisme melalui kegiatan ektrakurikuler Pramuka pada peserta didik SMP N 1 Cangkrinngan Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cangkringan Sleman. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dapat menguatkan karakter nasionalisme melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Kemudian, dalam pelaksanaannya terdapat faktor pendukung dan penghambat sehingga SMP Negeri 1 Cangkringan memiliki upaya untuk mengatasi hambatan yang terjadi. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa SMP Negeri 1 Cangkringan Sleman menguatkan karakter nasionalisme dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka melalui proses penguatan dan pelaksanaannya.

Full Text:

PDF

References


Affan, M., & Maksum, H. (2016). Membangun kembali sikap nasionalisme bangsa Indonesia dalam menangkal budaya asing di era globalisasi. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 65–72. https://jurnal.usk.ac.id/PEAR/article/view/7542/6209

Armawi, A. Nasionalisme dalam dinamika ketahanan nasional. Gajah Mada University Press.

Asmani, J. M. (2013). Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah (Cetakan VI). Diva Press.

Choliq Irwanto, A. & Jatiningsih (2013). Peranan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk kedisiplinan siswa peranan kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Sugio Kabupaten Lamongan. Jurnal Kajian Moral, 3(1), 549-563. http://www.bppnfi-reg4.net

Haryanto. (2015). Pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara. https://staffnew.uny.ac.id/upload/131656343/penelitian/PENDIDIKAN+KARAKTER+MENURUT+KI+HAJAR+DEWANTORO.pdf (Diakses tanggal 11 Mei 2024).

Juliardi, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 3.

Kamra. Y (2019). Pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler dalam upaya mengembangkan lingkungan pendidikan yang religius di smp n 13 kota bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Kurniawan, U., Sarosa, D., & Tyasari, R. (2011). Model pendidikan karakter untuk sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1446

Lestari, T. W. (2022). Penerapan nilai karakter sikap kepemimpinan melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka di sekolah dasar negeri. Kognisi: Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 26-34. DOI: https://doi.org/10.56393/kognisi.v2i1.348

Maimun, M., Sanusi, S., Rusli, Y., & Muthia, H. (2020). Internalisasi nilai-nilai karakter kebangsaan melalui literasi budaya dan kewarganegaraan di sekolah menengah atas (SMA) kota banda aceh. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(1), 8-15. DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1789

Marzuki, M., & Hapsari, L. (2015). Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan kepramukaan di MAN 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2). DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8619

Marzuki, Zuchdi, D., Hajaroh, M., & Imtihan, N.(2019). Evaluasi implementasi pendidikan karakter di perguruan tinggi. Jurnal Kependidikan, 3(2), 276- 290. http://dx.doi.org/10.21831/jk.v3i2.25058

Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum pendidikan kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 218.

Pratama, A. H., & Supriyadi, D. (2014). Kepribadian pegawai negeri sipil yang berintegritas berdasarkan teori eysenck. Jurnal Psikologi Udayana, 1(3), 462-475.

Rahmatia, D. (2015). Buku Cerdas Pramuka. Social Office Putera.

Ratnawati, I., Imron, A., & Benty, D. D. N. (2018). Manajemen pendidikan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 284-292. https://core.ac.uk/download/pdf/287323601.pdf

Smith, Anthony D. 2003. Nasionalisme: teori, ideologi, sejarah. Penerbit Erlangga.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Surono, K. A. (2017). Penanaman karakter dan rasa nasionalisme pada kegiatan ektrakurikuler pramuka di smp n 4 singorojo kabupaten kendal. Indonesian Journal of Conservation, 6(1). DOI: https://doi.org/10.15294/ijc.v6i1.12527B

Utami, B., & Indrawadi, J. (2020). Penanaman nilai-nilai nasionalisme melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMA Pertiwi 1 Padang. Journal of Civic Education. 3(2). 186-190. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1732787&val=14527&title=Penanaman%20Nilai-Nilai%20Nasionalisme%20Melalui%20Kegiatan%20Ekstrakurikuler%20di%20SMA%20Pertiwi%201%20Padang

Uttoro. 2007. Identifikasi faktor-faktor penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler bulutangkis di MAN III Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. FIK UNY. Diakses 01 Januari 2025.

Widiatmaka, P. (2016). Pembangunan karakter nasionalisme peserta didik di sekolah berbasis agama Islam. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 1(1), 25-33. DOI: https://doi.org/10.24269/v1.n2.2016.25-33

Wiyani., & Novan, A. 2013. Menumbuhkan pendidikan karakter di SD (konsep, praktek dan strategi). Ar-Ruzz Media.

Woro, S., & Marzuki, M. (2016). Peran kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1). DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10733

Yusdinar, P., & Manik, Y. M. (2023). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap pembentukan karakter siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 183-190. DOI: https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2407




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i1.23371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link