Peran Literasi Digital dalam Meningkatkan Etika Penggunaan Media Sosial TikTok Pada Peserta Didik SMK Muhammadiyah 1 Salam

Ernanto Setiawan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Budi Mulyono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman literasi digital terhadap etika penggunaan media sosial TikTok pada peserta didik SMK Muhammadiyah Salam. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh peserta didik SMK Muhammadiyah 1 Salam Tahun Pelajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik stratified random sampling dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 84 peserta didik. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui kuesioner. Validasi instrumen penelitian dilakukan oleh para ahli, yakni satu dosen Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum dan dua guru Pendidikan Pancasila, dengan hasil validasi diolah menggunakan rumus Aiken V. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis, analisis deskriptif, serta uji analisis akhir dengan menggunakan uji regresi sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara pemahaman literasi digital terhadap etika penggunaan media sosial TikTok pada peserta didik SMK Muhammadiyah 1 Salam. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil Uji T, dimana nilai t hitung > t tabel (8,988 > 1,663). Variabel pemahaman literasi digital terbukti mempengaruhi variabel etika penggunaan media sosial TikTok sebesar 49,6% sedangkan sisanya 50,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Model regresi sederhana yang dihasilkan yaitu Y=22,502 + 0,873X. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pemahaman literasi digital, maka semakin tinggi pula tingkat etika penggunaan media sosial Tik Tok pada peserta didik SMK Muhammadiyah 1 Salam.

Full Text:

PDF

References


Agustina, A., Adha, M. M., & Mentari, A. (2023). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Etika Bermedia Sosial Peserta Didik. Mindset : Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 52–64. https://doi.org/10.56393/mindset.v3i2.1696

Amanullah, W. A., & Wantini, W. (2024). Analisis Kesenjangan Sosial di Sekolah: Perspektif Sosiologi Pendidikan Islam (Studi Kasus di SDN Bhayangkara Yogyakarta). Jurnal Dirosah Islamiyah, 6(1), 43–55. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/jdi.v6i1.4917

Aser, F. G., & Paramita, S. (2022). Fenomena Cyberbullying di Media Sosial TikTok. Kiwari, 1(3), 449–453. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/ki.v1i3.1576

Damayanti, A. P., & Prasetyawati, H. (2023). Pengaruh Terpaan Berita Hoax Dan Kepercayaan Masyarakat terhadap Penyebaran Berita Hoax Di Media Sosial Tiktok. Inter Script: Journal of Creative Communication, 5(1).

Gratia, G. P., Merah, E. L. K., Triyanti, M. D., Paringa, T., & Primasari, C. H. (2022). Fenomena Racun Tik-Tok Terhadap Budaya Konsumerisme Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24002/konstelasi.v2i1.5272

Manuella, S., & Perdani SP, N. (2023). Pengaruh Tingkat Literasi Digital Terhadap Etika Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Pekanbaru. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 7(2). https://doi.org/10.14710/anuva.7.2.263-274

Muchtar, A. D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud (Telaah Pemikiran atas Kemendikbud). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Mutma, F. S. (2020). Deskripsi Pemahaman Cyberbullying di Media Sosial pada Mahasiswa. Jurnal Common, 4(1). https://doi.org/10.34010/common.v4i1.217

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Pardosi, B. Y. A., Manurung, L. M. R., & Firdarianti, R. (2021). Peran Mahasiswa Sebagai Volunteer Dalam Meningkatkan Kualitas Literasi Di Desa 3T. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2). https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.589-596.2021

Rafiq, A. (2019). Dampak Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33822/gk.v3i1.1704

Setiadi, Y. (2015). Implementasi kurikulum 2013 dalam pendidikan karakter peserta didik SMPIT Nurul Hikmah Matraman Jakarta Timur [Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2015]. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2870

Stepani, D., Sihombing, D. N., & Nadira, J. A. (2023). Linguistik Forensik Ujaran Kebencian terhadap Artis Tiara Andini di Media Sosial Tiktok. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2337–2344. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2206

Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2022). Literasi Digital untuk Meningkatkan Etika Berdigital bagi Pelajar di Kota Palembang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8203

We Are Social. (2024). Digital 2024: Your Ultimate Guide to the Evolving Digital World. In We Are Social. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/

Widyatnyana, K. N., Rasna, I. W., & Putrayasa, I. B. (2023). Analisis Jenis dan Makna Pragmatik Ujaran Kebencian di dalam Media Sosial Twitter. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 12(1), 68–78. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v12i1.2216

Woodward, M. (2024, Mei 31). Tiktok User Statistics 2024: Everything You Need to Know. Search Logistic. https://www.searchlogistics.com/learn/statistics/tiktok-user-statistics/

Zahran, A. G., Fahmi, R. U., Alwi, & Mukaromah, S. (2023). Analisis Penggunaan Media Sosial Twitter Sebagai Sarana Cyber Pornography. Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 3(1). https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.381




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i5.23166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link