Pengaruh Media Sosial Terhadap Pencapaian Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila di SMA Muhammadiyah 1 Klaten

Aisya Bunga Fatika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suyato Suyato, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Klaten; 2) mengetahui hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Klaten; 3) mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dan minat belajar secara bersamaan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menemukan hubungan positif dan signifikan antara intensitas penggunaan media sosial, minat belajar, dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Analisis statistik menunjukkan bahwa intensitas penggunaan media sosial (α = 0,002, thitung = 3,204) dan minat belajar (α = 0,015, thitung = 2,472) masing-masing memiliki korelasi positif yang signifikan dengan prestasi belajar. Selain itu, analisis gabungan kedua variabel ini menunjukkan hubungan positif yang signifikan dengan prestasi belajar (α = 0,004, Fhitung = 5,813). Temuan ini menunjukkan bahwa intensitas penggunaan media sosial dan minat belajar secara bersama-sama berkontribusi terhadap keberhasilan akademik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

Full Text:

PDF

References


Achmad, N., & Dewi, D. K. (2022). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Menyelesaikan Skripsi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 7(9), 96–106.

Erianto, U. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD. Basic Education, 6(4), 367-373.

Hadi, S. (2004). Metodologi Riset (Edisi kedu). Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 159-181.

Karunia H, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.187

Komdigi. (2014, Mei 8). Retrieved from Kemkominfo: Pengguna Internet di Indonesia Capai 82 Juta: https://www.komdigi.go.id/berita/pengumuman/detail/kemkominfo-pengguna-internet-di-indonesia-capai-82-juta

Nugroho, I. R., & Ruwanto, B. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Nomor, 6(6), 319–326.

Nuryani, E. (2014). Hubungan Intensitas Mengakses Facebook dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri Tenggarong Seberang. E Journal Ilmu Komunikasi, 2(3), 178–192. http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2014/08/Jurnal (08-21-14-02-15-26).pdf

Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al-Fattah Sumbermulyo. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 21-36.

Syah, M. (2005). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibisino, T., & Mulyani, Y. S. (2019). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Akademik Pelajar Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.37058/jem.v4i1.690




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i5.23116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link