Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah di SMP N 1 Ngemplak

Mamet Mustofa, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Budi Mulyono, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (Gerakan PBLHS) terhadap perwujudan karakter peduli lingkungan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ngemplak. Peneliti menggunakan pendekekatan kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi yang menjadi fokus penelitian ini adalah 188 peserta didik kelas VIII SMP N 1 Ngemplak. Data penelitian diperoleh melalui pengisian angket yang mengukur Gerakan PBLHS dan karakter peduli lingkungan. Pada teknik analisis  data peneliti menggunakan uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas) serta uji hipotesis, yang terdiri dari uji analisis regresi liniear sederhana, uji T dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah 0,626, yang menunjukkan adanya pengaruh Gerakan PBLHS terhadap karakter peduli lingkungan peserta didik SMP N 1 Ngemplak sebesar 62,6%. Sementara itu, variabel yang tidak tercakup dalam penelitian ini turut memberikan pengaruh sebesar 37,4%.


Full Text:

PDF

References


Aini, N., Sumarmi, S., Putra, A. K., & Handoyo, B. (2022). Gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup SMA Negeri 8 Malang. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(10), 1014–1021. https://doi.org/10.17977/um063v2i10p1014-1021

Amanda Putri, A., & Thamrin, H. (2023). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di upt sdn 066048 medan. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(2), 640–648. https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i2.1125

Anugerah, M. F., Yahya, R., & Aiyuda, N. (2023). Evaluasi implementasi kebijakan pblhs di sd cendana rumbai pekanbaru: tantangan dan solusinya. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1421–1426. https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4870

Arikunto. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Rineka Cipta

Azizah, N. P. N., & Amalia, N. (2023). Kegiatan adiwiyata sebagai sarana penanaman profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 46–63. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8422

Azwar, S. (2017). Penyusunan skala psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azzet, M. A. (2013). Urgensi pendidikan karakter di indonesia: revitalisasi pendidikan karakter terhadap keberhasilan belajar dan kemajuan bangsa. Ar-ruzz Media.

Bhakti, W. S., & Prasetyaningtyas, D. (2022). Pengelolaan sampah dan pengurangan emisi gas rumah kaca (studi kasus : sekolah adiwiyata SMPN 18 surabaya dan sekolah non adiwiyata SMPN 31 surabaya). Jurnal of Eart and Marine Tecnology. 4(2), 149–157.

Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Widya Aksara Press.

Cholisin. (2000). IKN-PKN. Universitas Terbuka.

Cholisin. (2011). Pendidikan karakter: pendekatan teoritis dan praktis. UNY Press.

Creswell, J. W. (2016). Research design pendekatan metode kualitatif, kuantitatif dan campuran edisi keempat. Pustaka Pelajar.

Echols, J. (2005). Kamus populer. Rieneka Cipta Media.

Fathurrohman, P. (2016). Pengembangan pendidikan karakter. Refika Aditama.

Ferary, D. (2021). Ki Hadjar Dewantara’s philosophy of education. Nordic journal of comparative and international education, 5(2), 65–78. https://doi.org/10.7577/njcie.4156

Guo, C.-Q., Wang, X., Cao, D.-D., & Hou, Y.-G. (2022). The impact of green finance on carbon emission--analysis based on mediation effect and spatial effect. Frontiers in Environmental Science, 10. https://doi.org/10.3389/fenvs.2022.844988

Hakim, M. Z. (2019). Pengelolaan dan pengendalian sampah plastik berwawasan lingkungan. Amanna Gappa.

Hapsari, M., & Saliman. (2019). Perilaku Peduli Lingkungan Siswa Di Smp Negeri 3 Godean Sebagai Sekolah Adiwiyata. Social Studies, 8(2), 195–208.

Hartono, R. (2020). Metode pembelajaran aktif dalam pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. UNY Press.

Haryanti, Sri; Gravitiani, Evi Gravitiani, dan Mahendra Wijaya. 2020. “Studi penerapan bank sampah dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup di Kota Yogyakarta.” Bioeksperimen: Jurnal Penelitian Biologi 6 (1): 60–68.

Hayatuddin, K., & Aprita, S. (2021). Hukum lingkungan. Cet. Ke-1, x, 216 hlm. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=s0UnEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=kerusakan+lingkungan&ots=2HYbg6e-5K&sig=G7_5VcAtn03H0_r09l_TD85eUXQ

Hendryadi, Tricahyadinata, I., & Zannati, R. (2019). Metode penelitian pedoman penelitian bisnis dan akademik. Lembaga Pengembagan Manajemen dan Publikasi Imperium (LPMP Imperium).

Hobson, K. (2013). On the making of the environmental citizen. Environmental Politics,22((1)). https://doi.org/https://doi.org/10.1080/09644016.2013.755388

Irfianti, M. D., Khanafiyah, S., & Astuti, B. (2016). Perkembangan karakter peduli lingkungan melalui model experiential learning. Unnes Physics Education Journal, 5(3), 73–76. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Istiqomah, A., & Marzuki. (2024). Penguatan nilai-nilai karakter melalui novel “Orang Orang Biasa” karya Andrea Hirata. Jurnal Pendidikan Indonesia, Volume 15. https://doi.org/10.21831/jpka.v1i1.66398

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter. Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum.

Koesoema, D. (2010). Pendidikan karakter: strategi mendidik anak di zaman global. Jakarta: Gresindo.

Kompas. “TPA Piyungan Tutup Permanen, Tiga Daerah di DIY Tak Bisa Lagi Kirim Sampah.” Kompas, 1 Mei 2024, https://www.kompas.id/baca/nusantara/2024/05/01/tpa-piyungan-tutup-permanen-tiga-daerah-di-diy-tak-bisa-lagi-kirim-sampah.

Kusdarini, E., Sunarso, & Arpanuddin, I. (2020). Penerapan pendidikan pancasila melalui model pembelajaran kerja lapangan. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, 39(2), 359-369. https://doi:10.21831/cp.v39i2.31412

Lickona, T. (2012). Mendidik untuk membentuk karakter: bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan bertanggung jawab. Bumi Aksara.

Lieberman, G. A., & Hoody, L. L. (1998). Closing the achievement gap. using the environment as an integrating context for learning. San Diego: State Edducation and Environment Roundtable.

Mardiana, Syahrir, M., & Nurmutmainnah. (2021). The influence of pancasila and citizenship education teachers in instilling moral ethics to build national character in madrasah aliyah syekh yusuf sungguminasa. 6(1), 124–137.

Marzuki. (2015). Moral agama. Sebuah pengantar memahami hubungan antara agama dan moralitas. UNY Press.

Maulana, M. A., Kanzunnudin, M., & Masfuah, S. (2021). Analisis ekoliterasi siswa pada sekolah adiwiyata di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2601–2610. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1263

Menteri lingkungan hidup. (2019). Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor 52 Tahun 2019 tentang GPBLH di Sekolah. Jdih, 1–18.

Mulasari, S. A., Husodo, A. H., & Muhadjir, N. (2016). Analisis situasi permasalahan sampah kota yogyakarta dan kebijakan penanggulangannya. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(2), 259. https://doi.org/10.15294/kemas.v11i2.3989

Mulyana, R. (2009). Penanaman etika lingkungan melalui sekolah perduli dan berbudaya lingkungan. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 175–180.

Mulyono, B. 2017. Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan

Murdiono, M. (2012). Strategi pembelajaran kewargangeraan berbasis portofolio. Ombak.

Murtiningsih, I., Fatimah, S., Harsan, T., Sumardi, M. S., & Hanifah, A. (2023). Implementasi karakter peduli lingkungan di sekolah adiwiyata. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 10(2), 150–159. https://doi.org/10.36706/jbti.v10i2.20500

Nugroho, H. W., Suyahman, & Suswandari, M. (2019). Peranan mata pelajaran ppkn dalam rangka menumbuhkan nilai karakter religius siswa kelas iv di sdn 3 wuryorejo. Civics Education And Social Science Journal (Cessj), 1/1. https://doi.org/Https://Doi.Org/10.32585/Cessj.V1i1.356

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.52/Menlhk/Setjen/Kum.1/9/2019 Tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor p.53/menlhk/setjen/kum.1/9/2019 tentang Penghargaan Adiwiyata

Philips, S. (2008). Refleksi karakter bangsa: pembentukan karakter yang berbasis nilai. Kanisius.

Prahandani, F. D., & Pratama, H. 2024. Penanaman pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata pada siswa IPS kelas IX di SMPN 2 Kauman Tulungagung. Jurnal ilmu sosial, bahasa dan pendidikan. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i2.2873

Prasetyo, K., & Hariyanto. (2017). Pendidikan lingkungan indonesia dasar pedagogi dan metodologi. Remaja Rosdakarya.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Putri Nst, S.R., Nefilinda & Putri, R.E. 2023. Pengaruh program adiwiyata terhadap karakter peduli lingkungan siswa smp pembangunan laboratorium universitas negeri padang (unp). Jurnal Geografia. https://doi.org/10.35580/lageografia.v22i1.52192

Qodriyanti, A., Yarza, H. N., Irdalisa, I., Elvianasti, M., & Ritonga, R. F. (2022). Analisis sikap peduli lingkungan siswa di salah satu man pada materi pelestarian lingkungan. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(1), 111–116. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss1/643

Ramadhanti, L. R., & Vinayastri, A. (2022). Pengembangan instrumen karakter cinta damai pada anak usia dini. Jurnal Golden Age, 6(2), 393–404. https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i01.6084

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Riyanti, E., & Maryani, I. (2019). Implementasi program adiwiyata dalam pembentukan karakter peduli lingkungan di sd muhammadiyah bodon kotagede. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(3), 125. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i3.1256

Samawi, M., & Hariyanto. (2012). Pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.

Saputra, M. R. A. (2023). Jejak sejarah program adiwiyata di Indonesia (2006-2022): dampak dan keterkaitannya dengan agenda global tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 17(2), 232. https://doi.org/10.17977/um020v17i22023p232-245

Sari, A. P., & Nurizka, R. (2021). Implementasi sekolah adiwiyata di sd negeri serayu yogyakarta. Jurnal PGSD Indonesia, 7(2), 20–21. https://repository.unja.ac.id/4379/

Setiyowati, R., Alfiandra, Mariyani, & Erlangga. (2021). Penguatan kompetensi kewarganegaraan ekologis melalui pembelajaran berbasis web d’nature pada mata kuliah pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup. Citizenship: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, Vol. 9, 17–22.

Shafarani, M. U. D., Jayadinata, A. K., & Muqodas, I. (2024). Penanaman nilai karakter gemar membaca melalui media buku cerita bergambar pada anak usia dini. 5(2), 83–94. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.797

Shafira Arselia, C. (2023). Pengaruh Penerapan Program Sekolah Adiwiyata. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Silvia, E. D. E., & Tirtoni, F. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar berbasis pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah adiwiyata. Visipena, 13(2), 130–144. https://doi.org/10.46244/visipena.v13i2.2230

Soemantri, N. (2001). Menggagas pembaharuan pendidikan IPS. PT. Remaja Rosdakarya.

Soemarwoto. (2003). Analisis mengenai dampak lingkungan. Universitas Gadjah Mada Press.

Subagyo, D. (2015). Buku panduan FIS peduli menguatkan konservasi sosial. FIS Press.

Subianto, B., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis implementasi program adiwiyata di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1683–1689. https://jbasic.org/index.php/basicedu%0AAnalisis

Sudjoko, et al. (2014). Pendidikan lingkungan hidup: perkembangan dan konsep dasar pendidikan lingkungan hidup. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiarto, A., & Gabriella, D. A. (2020). Kesadaran dan perilaku ramah lingkungan mahasiswa di kampus. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2), 260. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i2.21061

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suyanto. (2010). Konsep Pendidikan Karakter. UNY Press

Syamsul Hadi, S. H. (2013). Pembelajaran Sosial Emosional Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 227–240. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.104

Thapa, B. (1999). Environmentalism: The relation of environmental attitudes and environmentally responsible behaviors among undergraduate students. Bulletin of Science, Technology and Society, 19(5), 426–438. https://doi.org/10.1177/027046769901900512

Wibowo, A. (2016). Manajemen pendidikan karakter di sekolah. Pustaka Pelajar.

Wibowo, N. A., Sumarmi, S., Utaya, S., Bachri, S., & Kodama, Y. (2023). Students’ environmental care attitude: a study at adiwiyata public high school based on the new ecological paradigm (nep). Sustainability (Switzerland), 15(11). https://doi.org/10.3390/su15118651

Winataputra, U. S., & Budimansyah, D. (2012). Civic Education: Konteks, Tujuan, dan Tantangan Pembelajaran. Bandung: Widya Aksara Press.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan karakter: landasan, pilar dan implementasi. Kharisma Putra Utama.

Yunus, M., & Mitrohardjono, M. (2019). Pengembangan program peduli lingkungan hidup (green school) pada smp islam plus baitul maal. Jurnal Tahdzibi, 4(2), 95–102. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.4.2.95-102

Zubaedi. (2012). Desain pendidikan karakter: konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana.

Zuchron, D. (2021). Buku tunas pancasila. Direktorat Sekolah Dasar Dirjen PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 1–96.

Zuchdi, D. (2008). Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi. UNY Press.

Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter bangsa. Jurnal PEKAN, 6(1), 104–115. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1171




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i5.23109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link