Pengaruh Keluarga, Sekolah, dan Media Sosial Terhadap Kesadaran Politik Pemilih Pemula dari Kalangan Pelajar SMA Negeri di Kabupaten Klaten

Muhammad Hafidzul Qur’ana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sunarso Sunarso, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh keluarga terhadap kesadaran politik pemilih pemula di Kabupaten Klaten; (2) pengaruh sekolah terhadap kesadaran politik pemilih pemula di Kabupaten Klaten; (3) pengaruh media sosial terhadap kesadaran politik pemilih pemula di Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitiatif. Populasi penelitian sebanyak 4831 pelajar kelas XII yang tersebar di 15 SMAN di Kabupaten Klaten. Sampel penelitian sebanyak 256 responden yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data mengunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keluarga memberikan pengaruh signifikan terhadap kesadaran politik pemilih pemula di Kabupaten Klaten sebesar 5,5%; (2) sekolah memberikan pengaruh signifikan terhadap kesadaran politik pemilih pemula di Kabupaten Klaten sebesar 9,9%; (3) media sosial memberikan pengaruh signifikan terhadap kesadaran politik pemilih pemula di Kabupaten Klaten sebesar 25,7%.


Full Text:

PDF

References


Alfaruqy, M. Z. (2022). Keluarga sebagai mikrosistem sosialisasi politik: survei psikologi politik. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 13(1), 73-87. https://doi.org/10.24036/rapun.v13i1.114885 Amaliyah, S. (2021). Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1766–1770. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1171 Amir, M. (2020). Keserentakan Pemilu 2024 yang Paling Ideal Berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. Al-Ishlah Jurnal Ilmiah Hukum, 23(2), 115-131. https://doi.org/10.56087/aijih.v23i2.41 Aziz, Safrudin. (2015). Pendidikan Keluarga: Konsep dan Strategi. Penerbit Gava Media Budiardjo, M. (2008). Dasar-Dasar Ilmu Politik (edisi revisi). PT Gramedia Pustaka Utama, Cetakan pertama: 2008 Cholisin. (2013). Ilmu kewarganegaraan (Civics). Penerbit Ombak Djuyandi, Y. (2017). Pengantar ilmu politik. PT. RajaGr afindo Persada-Rajawali Pers. Cetakan kedua. Ethridge, M.E. & Handelman, H. (2021). Politik dalam Dunia yang Berubah: Perilaku-Sosialisasi dan Budaya Politik. Nusamedia Katarudin, H., & Putri, N. E. (2020). Pengaruh literasi politik terhadap partisipasi politik pemilih pemula pada pemilukada kota pariaman tahun 2018. Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik, 2(2), 70-79. https://doi.org/10.24036/jmiap.v2i2.136 Martani, S., & Suharno, S. (2022). Pengaruh Keluarga Terhadap Partisipasi Politik Pemilih Pemula Kalurahan Bugel Kabupaten Kulon Progo. AGORA, 11(2), 225-235. Mulyani, S. D. (2022). Peranan pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan partisipasi politik siswa. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan, 12(2), 104-113. https://doi.org/10.35194/jpphk.v12i2.2185 Rahman, A., & Suharno, S. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Politik Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 282-290. https://doi.org/10.17977/um019v4i2p282-290 Razaqa, M. K., Prawira, F. R., & Santoso, G. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Orientasi Politik Pemilih Pemula Siswa Pada Pemilu. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 1(02), 132-141. https://doi.org/10.9000/jpt.v1i2.384 Ruslan, U. A. M. I. (2000). Tarbiyah siyasiyah: pendidikan politik Ikhwanul Muslimin. Era Intermedia. Suhu, B.L., & Wance, M. (2019). Pemberdayaan masyarakat petani rumput laut di kabupaten halmahera selatan (studi desa mano kecamatan obi selatan). JOURNAL OF GOVERNMENT (Kajian Manajemen Pemerintahan dan Otonomi Daerah), 4(2), 156-172. https://doi.org/10.52447/gov.v4i2.1456 Sulha, S., Hasanah, S. U., Mursidi, A., & Ting, I. H. (2023). Political Education in Increasing Student Participation as Novice Voters in Singkawang City. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 8(1), 39-44. https://doi.org/10.26737/jetl.v8i1.3806 Sunarso, Kusrahmadi, S. D. Sartono, E. S., Sutarini, Y. C. N., (2016). Pendidikan kewarganegaraan: Pkn untuk perguruan tinggi. UNY Press Surbakti, R. (2010). Memahami ilmu politik. PT Grasindo. Yunus, A., Tamma, S., & Ekawaty, D. (2022). Kebijakan Pendidikan dan Media Sosial Sebagai Faktor Pembentukan Preferensi Politik Pemilih Pemula di Kota Makassar. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 65-80. https://doi.org/10.31947/jakpp.v7i1.11776 Zahro, S., Kamilah, M. N., Ardiansyah, M., Safitri, I. M., Naharina, P. S., & Waraswati, A. N. (2023). Kesadaran Berpolitik Di Indonesia. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(2), 49-64. https://doi.org/10.60153/jocer.v1i2.34




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i3.22400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link