Penerapan Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas X di SMA Negeri 2 Wonosari
Sunarso Sunarso, , Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan dimensi profil pelajar Pancasila dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas X di SMA Negeri 2 Wonosari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan untuk menentukan informan penelitian adalah purposive. Informan penelitian terdiri dari guru pengampu pendidikan pancasila sebagai informan utama, peserta didik kelas X sebagai informan pendukung. Pengambilan data dilaksanakan melalui wawancara mendalam dan observasi dengan teknik keabsahan datanya menggunakan cross check. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara induktif, yaitu melalui proses reduksi data, kategorisasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi profil pelajar pancasila dalam kegiatan pembelajaran pendidikan pancasila kelas X di SMA Negeri 2 Wonosari telah dilaksanakan yaitu (1) beriman,bertakwa kepada tuhan yang maha esa, dan berakhlak mulia dimunculkan pada kegiatan berdoa diawal dan diakhir pembelajaran (2) berkhebinnekaan global dimunculkan pada kegiatan menyanyikan lagu wajib nasional diakhir pembelajaran (3) bergotong-royong dimunculkan pada kegiatan memecahkan permasalahan secara berkelompok (4) mandiri dimunculkan pada kegiatan pembelajaran yang memusat pada peserta didik (5) bernalar kritis dimunculkan pada kegiatan tanya jawab dalam kelas (6) kreatif dimunculkan pada kegiatan pembuatan poster stop bullying.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i3.22396
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.