Penerapan Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas X di SMA Negeri 2 Wonosari

Hendy Sukmantoro, Universitas Negeri Yogyakarta
Sunarso Sunarso, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan dimensi profil pelajar Pancasila dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas X di SMA Negeri 2 Wonosari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan untuk menentukan informan penelitian adalah purposive. Informan penelitian terdiri dari guru pengampu pendidikan pancasila sebagai informan utama, peserta didik kelas X sebagai informan pendukung. Pengambilan data dilaksanakan melalui wawancara mendalam dan observasi dengan teknik keabsahan datanya menggunakan cross check. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara induktif, yaitu melalui proses reduksi data, kategorisasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi profil pelajar pancasila dalam kegiatan pembelajaran pendidikan pancasila kelas X di SMA Negeri 2 Wonosari telah dilaksanakan yaitu (1) beriman,bertakwa kepada tuhan yang maha esa, dan berakhlak mulia dimunculkan pada kegiatan berdoa diawal dan diakhir pembelajaran (2) berkhebinnekaan global dimunculkan pada kegiatan menyanyikan lagu wajib nasional diakhir pembelajaran (3) bergotong-royong dimunculkan pada kegiatan memecahkan permasalahan secara berkelompok (4) mandiri dimunculkan pada kegiatan pembelajaran yang memusat pada peserta didik (5) bernalar kritis dimunculkan pada kegiatan tanya jawab dalam kelas (6) kreatif dimunculkan pada kegiatan pembuatan poster stop bullying.


Full Text:

PDF

References


Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Gunawan. (2021). 150 sekolah lolos Program Sekolah Penggerak: Diawali dari Gunungkidul, menyasar berbagai jenjang pendidikan. Radar Jogja. http://radarjogja.jawapos.com/gunungkidul/2021/03/11/150-sekolah-lolos-programsekolah-penggerak/ Hamid, M. A. (2020). Media pembelajaran. Journal media pembelajaran Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. Dirasah, 5(2), 138-151. http://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402 Lickona, T. (2009). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Random House Publishing Group. Muchtarom, M. (2017). Pendidikan karakter bagi warga negara sebagai upaya mengembangkan good citizen. PKn Progresif, 12(1), 543-552. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/progresif/article/view/11902 Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto. (2022) Pendidikan profil pelajar Pancasila ditinjau dari konsep kurikulum Merdeka. Semniar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKNAS) – 2022. Nurlaela, E. U. (2022). Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Bhinneka Tunggal Ika. CV Angkasa. Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 28(1), 48. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985 Paramudita, N. P., & Nasoha, A. M. M. (2023). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2022/2023 (Doctoral dissertation, UIN RADEN MAS SAID). Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill). Jurnal Filsafat Indonesia. Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018, tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal Republik Indonesia. (2021). Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 6555/C/HK.00/2021, tentang Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Program Sekolah Penggerak Republik Indonesia. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 7 Tahun 2022, tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Rudiawan, R., Cahyono, H., & Puji A, A. (2022). Praktik profil pelajar Pancasila di SMA Negeri Tulakan Pacitan. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2), 23-35. http://doi.org/10.24269/jpk.v7.n2.2022.pp23-35 Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7088 Widayati, S. (2020). Gotong Royong. Alprin. Wueste, D. E. (2018). Linking academic integrity and etichs across the curriculum: groundwork for sustainability in practical and professional ethics. In Ethics across the curriculum— Pedagogical perspectives. http://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-319-78939- 2_19




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i3.22396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link