Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Merdeka

Muhammad Syafii Maarif, Universitas Negeri Yogyakarta
Eny Kusdarini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pendidikan di Indonesia merupakan sebuah isu krusial yang telah mendapatkan tempat istimewa dalam konstitusi, menuntut prioritas tinggi dalam distribusi anggaran negara. Setiap unsur dalam sistem pendidikan memegang peranan vital, dengan kurikulum sebagai tonggak utama yang menentukan arah pembelajaran. Para ahli pendidikan berpendapat bahwa esensi dari pendidikan terletak pada kurikulum, yang menjadi penentu apakah pendidikan dapat memicu pemikiran kritis di kalangan siswa. Penulis berencana untuk menerapkan metode studi literatur untuk mengevaluasi pendidikan nasional dan menilai sejauh mana kurikulum sesuai dengan karakteristik, kondisi, dan potensi lokal, institusi pendidikan, dan pelajar.Studi literatur merupakan metode pengumpulan data dan informasi yang relevan dengan isu yang diteliti, yang akan digunakan penulis. Kebijakan ‘Kampus Merdeka’, yang salah satu aspeknya menargetkan kegiatan akademis, memerlukan pemeriksaan dan elaborasi melalui lensa Pendidikan Kewarganegaraan untuk meminimalisir kesenjangan antara idealisme dan realitas. Dalam kerangka ‘Kampus Merdeka’, diupayakan agar mahasiswa memiliki akses yang lebih luas untuk menguasai berbagai bidang ilmu. Tujuan dari Pendidikan Kewarganegaraan di zaman modern ini adalah untuk mendukung pembentukan literasi digital, kreativitas, inovasi, dan kemampuan kritis siswa. Dinamika kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di Indonesia mencerminkan respons terhadap kebutuhan dan visi pemerintah, yang secara langsung mempengaruhi kebijakan kurikulum pendidikan di negara ini. Meskipun demikian, ada elemen-elemen fundamental yang tetap menjadi dasar dalam pelaksanaan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, termasuk Pancasila, UUD 1945, politik, hukum, nilai- nilai, moral, kearifan lokal, dan keberagaman budaya.


Full Text:

PDF

References


Asri, Muhammad. (2017). Dinamika Kurikulum Di Indonesia. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 4(2), 192–202. Darmalaksana, Wahyudin. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Firman, Firman, & Rahayu, Sari. (2020). Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (Ijes), 2(2), 81–89. Geboers, Ellen, Geijsel, Femke, Admiraal, Wilfried, & Ten Dam, Geert. (2013). Review Of The Effects Of Citizenship Education. Educational Research Review, 9, 158– 173. Martini, Eneng. (2018). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21. Jpk (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 3(2), 21–27. Mukhtarom, Asrori, Arwen, Desri, & Kurniyati, Ety. (2019). Urgensi Civic Education Dalam Kehidupan Bernegara. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 1(2). Nanggala, Agil, & Suryadi, Karim. (2020). Analisis Konsep Kampus Merdeka Dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10–23. Nurdin, Encep Syarief. (2016). Analisis Konten Dimensi Implementasi Kebijakan Publik Pada Konten Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi. Sosiohumanika, 9(1). Raharjo, Raharjo. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum Ppkn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 Sampai Dengan Merdeka Belajar 2020. Pkn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63–82. Rahmandani, Fahdian, & Samsuri, Samsuri. (2019). Malang Corruption Watch Sebagai Gerakan Masyarakat Sipil Dalam Membangun Budaya Anti-Korupsi Di Daerah. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 21(1), 49–59. Rube’i, Muhammad Anwar. (2014). Integrasi Nilai-Nilai Kewirausahaan Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Membentuk Economic Civic (Ekonomi Warganegara): Studi Kasus Pembentukan Ekonomi Warga Negara Di Sma Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Universitas Pendidikan Indonesia. Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Shabrina, Tasya Fildzah. (2016). Implementasi Gerakan Citarum Bestari Dalam Menumbuhkan Civic Responsibility Terhadap Lingkungan:(Studi Kasus Pada Masyarakat Dayeuhkolot Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat). Universitas Pendidikan Indonesia. Tiara, Monica, & Yarni, Nevi. (2019). Pendidikan Karakter Berwawasan Sosiokultural Di Sma Kota Padang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 2(2), 297–302. Yunita, Yunita, & Suryadi, Karim. (2018). Rancang Bangun Pendidikan Bela Negara Sebagai Wahana Pengembangan Sikap Nasionalisme Bagi Mahasiswa. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 5(2), 225–233.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link