Penguatan Sikap Egalitarian Siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 3 Pakem

Miftaqul Anjar Sari, , Indonesia
Suyato Suyato, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis peran guru Pendidikan Pancasila dalam penguatan sikap egalitarian siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 3 Pakem; (2) menelaah kendala yang dihadapi guru Pendidikan Pancasila dalam penguatan sikap egalitarian siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 3 Pakem; (3) menguraikan upaya yang dilakukan guru Pendidikan Pancasila untuk mengatasi kendala-kendala dalam penguatan sikap egalitarian siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 3 Pakem. Jenis penelitian ini studi kasus yang bersifat deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive. Subjek penelitian ini yaitu guru Pendidikan Pancasila, kepala sekolah, koordinator P5, tiga siswa kategori aktif; sedang; tidak aktif kelas 7 dan tiga siswa kategori aktif; sedang; tidak aktif kelas 8. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini dengan teknik triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitaian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru Pendidikan Pancasila Peran guru Pendidikan Pancasila dalam penguatan sikap egalitarian siswa di SMP Negeri 3 Pakem, meliputi: (a) peran guru Pendidikan Pancasila sebagai informator; (b) Peran sebagai guru Pendidikan Pancasila sebagai pembimbing; (c) peran guru Pendidikan Pancasila sebagai motivator; (d) peran guru Pendidikan Pancasila sebagai demonstrator. (2) Kendala yang dihadapi guru Pendidikan Pancasila, meliputi: (a) kendala dari faktor pihak sekolah yaitu adanya jadwal kegiatan lain yang mendadak serta tidak adanya koordinasi dengan guru Pendidikan Pancasila; (b) kendala dari pihak siswa yaitu latar belakang siswa yang berbeda seperti perbedaan ekonomi yang memicu perundungan. (3) Upaya yang dilakukan, meliputi: (a) mengedepankan proses dalam kegiatan P5; (b) menasihati siswa akan pentingnya sikap egalitarian.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.