Penguatan Sikap Egalitarian Siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 3 Pakem
Suyato Suyato, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis peran guru Pendidikan Pancasila dalam penguatan sikap egalitarian siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 3 Pakem; (2) menelaah kendala yang dihadapi guru Pendidikan Pancasila dalam penguatan sikap egalitarian siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 3 Pakem; (3) menguraikan upaya yang dilakukan guru Pendidikan Pancasila untuk mengatasi kendala-kendala dalam penguatan sikap egalitarian siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 3 Pakem. Jenis penelitian ini studi kasus yang bersifat deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive. Subjek penelitian ini yaitu guru Pendidikan Pancasila, kepala sekolah, koordinator P5, tiga siswa kategori aktif; sedang; tidak aktif kelas 7 dan tiga siswa kategori aktif; sedang; tidak aktif kelas 8. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini dengan teknik triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitaian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru Pendidikan Pancasila Peran guru Pendidikan Pancasila dalam penguatan sikap egalitarian siswa di SMP Negeri 3 Pakem, meliputi: (a) peran guru Pendidikan Pancasila sebagai informator; (b) Peran sebagai guru Pendidikan Pancasila sebagai pembimbing; (c) peran guru Pendidikan Pancasila sebagai motivator; (d) peran guru Pendidikan Pancasila sebagai demonstrator. (2) Kendala yang dihadapi guru Pendidikan Pancasila, meliputi: (a) kendala dari faktor pihak sekolah yaitu adanya jadwal kegiatan lain yang mendadak serta tidak adanya koordinasi dengan guru Pendidikan Pancasila; (b) kendala dari pihak siswa yaitu latar belakang siswa yang berbeda seperti perbedaan ekonomi yang memicu perundungan. (3) Upaya yang dilakukan, meliputi: (a) mengedepankan proses dalam kegiatan P5; (b) menasihati siswa akan pentingnya sikap egalitarian.
Full Text:
PDFReferences
Afriansya. (2018). Mengedepankan Pedagogi Egalitarian. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/opini/2018/03/02/mengedepankan-pedagogi-egalitarian Azwar, S. (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya edisi ke 2. Pustaka Pelajar. Bambang, A. (2022). Dinsos Sleman Beri Pendampingan 88 Korban Bullying di 2022. JogloJateng. https://joglojateng.com/2022/12/26/dinsos-sleman-beri-pendampingan-88-korban-bullying-di2022/ Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches. Kholifatunauroh, Damanhuri, & Ilmiah, W. (2023). Analisis Praktik Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Penguatan Karakter Religius Di SMPN 1 Karangtanjung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 232–241. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12682 Mardhiyyah, R., Maryam, Lady, Fajriana, A. D., Firmansyah4, H. F., Ilham, Faktkhurrahman, & , Fatmasari Lubis, S.T., M. . (2022). Pencegahan Perundungan / Bullying Terhadap Anak. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 2–6. Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. 2(2), 85– 90. https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617 Miles, Huberman, S. (2014). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications. Nidaul, H. (2018). Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Sikap Egalitarian Siswa di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Muntilan Kabupaten Magelang. Universitas Negeri Yogyakarta. Putri, E. D. (2022). Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah : Dampak Serta Penanganannya. Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian, 10, 24–30. ]Ritaudin, M. S. (2012). Bangsa Perspektif Model Negara. 6, 151–176. https://dx.doi.org/10.24042/klm.v6i1.399 Rizal, R. S. (2021). Bentuk Dan Faktor Perundungan Pada Siswa SMP. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 129. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5673 Rumi, J. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. PT Rosdakarya. Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Sari, N., & Hasan, E. (2020). Egalitarian Culture Perempuan Aceh. Online) 63 Journal of Political Sphere, 1(2), 60–80. Satria, R. (2022). Panduan pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta. Tristaningrat. (2018). Gagasan Egalitarianisme dalam Permainan Dolanan Sebagai Media Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Journal Agama Hindu, 21(1), 39–50. https://doi.org/10.25078/pkj.v21i1.541 Wicaksono, A. (2023). Temuan Serikat Guru: 50 Persen Perundungan di 2023 Terjadi di SD-SMP. Tempoenews.Com. https://tempoenews.com/temuan-serikat-guru-50-persen-perundungan-di2023-terjadi-di-sd-smp/ Widayati, S. (2019). Peranan guru dalam pembelajaran bahasa. Yin, R. (2018). Case Study. In Theory and Methods of Metallurgical Process Integration. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-809568-3.00016-4 Yuliana, N. (2018). Implikasi Pemahaman Guru Tentang Perbedaan Individual Peserta Didik Terhadap Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta, 10–27.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.