pembelajaran PPKn untuk penguatan karekter kerjasama peserta didik (studi kasus di SMP Diponegoro Depok)
Mukhamad Murdiono, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelaran NHT (Number Heads Together) dalam pembelajaran PPKn untuk penguatan karekter kerjasama peserta didik di kelas Vlll B SMP Diponegoro Depok, kendala model pembelajaran NHT untuk penguatan karekter kerjasama peserta didik, dan upaya guru dalam mengatasi kendala tersebut. Penenlitian ini menggunakan strategi penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa penerapan model pembelajaran NHT mampu memperkuat karekter kerjasama peserta didik, sedangkan kendalanya yaitu keterlibatan siswa dalam menjawab pertanyaan, kesenjangan antar kelompok, pemanggil nomor, belum ada kegiatan evaluasi dan pemberian penghargaan. Upaya mengarasi kendala tersebut yaitu pembagian kelompok secara heterogen, mengundi nomor, menambah kegiatan evaluasi dan pemberian penghargaan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.