Peran Kegiatan Ekstrakurikuler PASUS Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMA Negeri 3 Cilacap

Abella Vania Stefani Kale, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sunarso Sunarso, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini membahas tentang penguatan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler Pasukan Khusus (PASUS) di SMA Negeri 3 Cilacap dalam konteks menumbuhkan sikap nasionalisme dan kedisiplinan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus di SMA Negeri 3 Cilacap. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan karakter nasionalisme dilakukan melalui program pembinaan, penanaman jiwa solidaritas, partisipasi dalam upacara bendera, dan keikutsertaan dalam acara nasional. Hal ini mengubah PASUS menjadi sebuah komunitas yang menerapkan nilai-nilai nasionalisme secara konkret. Sementara itu, penguatan karakter kedisiplinan dilakukan melalui penegakan tata tertib, latihan fisik, pelatihan baris-berbaris, dan partisipasi dalam kegiatan sekolah, yang berasal dari latihan dan sikap hidup yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dampak dari penguatan karakter nasionalisme dan kedisiplinan ini adalah terbentuknya kesetiaan dan cinta tanah air, rasa bangga terhadap bangsa dan negara, serta solidaritas dalam menunjukkan rasa cinta tanah air. Disiplin juga terwujud dalam hal waktu, pemakaian seragam lengkap, dan fisik setiap anggota. Hal ini menghasilkan penguatan karakter yang permanen dan terintegrasi ke dalam identitas individu anggota PASUS, sehingga menciptakan landasan untuk karakter yang kuat dan berkelanjutan.


Full Text:

PDF

References


A. Astamal, F. F. (2021). Pembentukan Karakter Peduli Sosial pada Siswa di SMAN 3 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 79-84 Akmaluddin, B. H. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri. Journal of Education Science (JES), 3. Annisa Dwi Hamdani, D. A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kehidupan Bersosialisasi dan Membangun Karakter Bangsa pada Siswa Sekolah Dasar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 109-110. Arraniri, I., Thahery, R., Pradana, Y., Suyanto, Putra, I., Rinaldi, K., Manap, A. (2022). Kewarganegaraan. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri. Awaliyah, F., Aisiyah, A., Putra, F. E., & Santoso, G. (2022). Peradaban Patriotisme dan Nasionalisme;Generasi Muda sebagai Landasan Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), Cahyaningrum, E. S. (2018). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 205. Hafnidar, M. K. (2021). Pengembangan Alat Ukur Sikap Nasionalisme pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi. Meiwatizal Trihastuti, N. Y. (2021). Urgensi etika demokrasi di era global: membangun etika dalam menemukan pendapat bagi masyarakat akademis melalui pendidikan kewarganegaraan. Jurnal kewarganegaraan Vol. 5 No. 2, 338. Mintargo, W. (2021). Fungsi lagu-lagu perjuangan sebagai upaya penguatan kepribadian bangsa. Jurnal Pancasila, 2. Pritina, B. I. (2017). Strategi pembelajaran sejarah berbasis lagu-lagu perjuangan dalam konteks kesadaran nasionalisme. Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Vol.7, No.1, 2. Prof. Dr. H. Sukiyat, S. M. (2020). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing. Putra, S. F. (2020). Perilaku kedisiplinan siswa dilihat dari etika belajar di dalam kelas. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 99. Rachmat Subarkah, B. R. (2023). Pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler di sd muhammadiyah kaliabu kecamatan salaman. MEISTER, 51. Rusmulyani, K. (2016). Semangat Nasionalisme Dalam Bingkai Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. Surata, I. N. (2019). Aktualisasi kesadaran bela negara bagi generasi muda dalam meningkatkan ketahanan nasional. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik. Tuhuteru, L. (2022). Pendidikan Karakter Untuk Menjawab Resolusi Konflik. Pasaman Barat: CV. Azka Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i2.22383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link