Relevansi nilai-nilai karakter kebangsaan dan patriotik dalam karya-karya Tan Malaka bagi pendidikan karakter berbasis pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan

Muhammad Bagus Bernadika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Samsuri Samsuri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ciri khas pemikiran Tan Malaka, menganalisisi nilai-nilai karakter dan mengontruksi bentuk aktualisasi nilai-nilai karakter dalam karya-karya Tan Malaka tersebut, melalui pendidikan karakter berbasis mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis konten. Sumber data pada penelitian ini berupa dokumen primer dan sekunder. Dokumen primer terdiri atas tiga belas karya-karya Tan Malaka. serta sumber sekunder merupakan berbagai buku karya para peneliti, khususnya para peneliti sejarah yang menganalisis Tan Malaka beserta karya-karyanya. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik ketekunan pengamat dan diskusi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Ciri khas pemikiran Tan Malaka dalam setiap karyanya adalah: memposisikan Islam sebagai dasar pemikiran, dan mengandung berbagai nilai penting, yaitu: nilai aktivitas dan kreativitas, filosofis, humanisme, kemerdekaan, dan dialektika. 2) nilai-nilai karakter kebangsaan dan patriotik dalam karya-karya Tan Malaka telah sesuai dengan nilai-nilai dasar karakter kebangsaan dan patriotik, yakni: cinta tanah air, persatuan dan kesatuan, kerja sama, kerja keras guna kepentingan bangsa dan negara, semangat kebangsaan, kesederajatan sosial, toleransi dan demokrasi, berani, kesetiakawanan sosial, pantang menyerah, rela berkorban, dan percaya diri. 3) Aktualisasi nilai-nilai karakter dalam karya-karya Tan Malaka, melalui pendidikan karakter berbasis mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dilakukan melalui pengenalan figur tokoh bangsa yang kurang mendapat tempat dalam pembelajaran sejarah bangsa, seperti Tan Malaka. Selanjutnya, nilai-nilai karakter tersebut dapat di integrasikan kedalam setiap materi pembelajaran yang tersatukan dengan berbagai kegiatan pembelajaran dalam rencana pelaksanaan pembejaran (RPP), sebagai sebuah mekanisme pembejaran yang terstruktur..


Full Text:

PDF

References


Abdulgani, R., dkk. (2004). Tan malaka dan persatuan perjuangan. Jakarta: Restu Agung. Andi Susilo, Taifiq. (2008). Tan malaka biografi singkat. Yogyakarta: Grasi. Anonim. (1986). Rangkaian pemberontakan komunis, Jakarta. LSIK. Badruddin. (2017). Kisah tan malaka dari balik penjara dan pengasingan, Yogyakarta: Araska. Darmawan. R. 2014. (Konsep pendidikan kerakyatan ibrahim datuk tan malaka dalam pandangan islam). Skripsi. FITK, Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Haq, Hamka. (2011). Pancasila 1 Juni dan syariat islam. Jakarta: RM BOOKS. Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Puataka Pelajar. Juliardi, Budi. (2015). Implementasi pendidikan karakter melalui pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 2, 119-126. Kartodirdjo, Kartono dkk. (1975). Sejarah nasional indonesia IV. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kosim. (2017). Pendidikan karakter berbasis keislaman dan keindonesiaan. Jurnal Al-Taujih, 3, 1-13. Magnis Suseno, Frans. 2003. Dalam bayang-bayang lenin, enam pemikir marxis dari lenin sampai tan malaka. Jakarta: Gramedia. Majalah Tempo. Edisi khusus kemerdekaan. (Agustus 2008). 11-17. Malaka, T . (1948). “Nasrani yahudi dalam tinjauan madilog”, dalam www.marxists.org diakses pada tanggal 5 Januari 2021. Malaka, T .(2017). Dari penjara ke penjara I. Jakarta: Teplok Press. Malaka, T. (1922). “Komunisme dan pan-islamisme”, dalam www.marxists.org diakses pada tanggal 5 Januari 2021. Malaka, T. (1945). “Manifesto jakarta”, dalam www.marxists.org diakses pada tanggal 5 Januari 2021. Malaka, T. (1948). Islam dalam tinjauan madilog, dalam www.marxists.org diakses pada tanggal 5 Januari 2021. Malaka, T. (2017). Dari penjara ke penjara II. Jakarta: Teplok Press. Malaka, T. (2019). Madilog. (Cetakan I). Jakarta: Pusat Data Indikator. Poeze, H.A. (2008). Tan malaka, gerakan kiri dan revolusi indonesia Jilid 1. (Diterjemahkan oleh Hersri Setiawan). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Rambe, S. (2003). Pemikiran politik tan malaka, kajian terhadap perjuangan “sang kiri nasionalis” jalan penghubung memahami madilog. (Cetakan I). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Soekarno. (2005). Dibawah bendera revolusi jilid I. Jakarta: Yayasan Bung Karno. Suwarto, Y. (1999). Memperkenalkan tan Malaka pahlawan kemerdekaan nasional yang paling tidak dikenal dalam madilog. Jakarta: Pustaka Data Indikator. Triatmanto. 2010. Tantangan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 29 (3) 187-203.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link