Komparasi Hasil Belajar PPKn antara model pembelajaran kooperatif “Tudu Peti” dan konvensional di SMA Negeri 1 Wates
Iqbal Arpannudin, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan hasil belajar PPKn pada aspek kognitif antara model pembelajaran “Tudu Peti” dan konvensional, (2) mengetahui efektivitas hasil belajar PPKn pada aspek kognitif antara model pembelajaran “Tudu Peti” dan konvensional di SMA Negeri 1 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 dengan masing-masing 36 peserta didik menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument tes dan dokumentasi. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji independent sampel t-test dan Gain Score. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar PPKn pada aspek kognitif antara model pembelajaran “Tudu Peti” dan konvensional di SMA Negeri 1 Wates, hal tersebut dibuktikan melalui hasil analisis uji-t dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05; Sehingga apabila nilai tersebut diinterpretasikan maka Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu, nilai rata-rata kelas eksperimen 85,20 dan kelas kontrol 79,96. Selanjutnya terdapat perbedaan efektivitas hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif “Tudu Peti” dan konvensional, hal tersebut dibuktikan dengan Gain Score pada kelas sebesar 0,473 dan kelas eksperimen 0,597, sehingga model pembelajaran kooperatif “Tudu Peti” lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.