Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila pada Sekolah Menengah Pertama Negeri

Mutiara Pesona Bil Jannah, , Indonesia
Mukhamad Murdiono, , Indonesia

Abstract


Artikel ini ditulis berdasarkan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru Pendidikan Pancasila dalam mengimlementasikan Kurikulum Merdeka ditinjau dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pada Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta faktor yang mendukung dan menghambat kesiapan guru Pendidikan Pancasila dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive dengan subjek penelitian yakni guru Pendidikan Pancasila kelas VII. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan secara induktif melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kesiapan guru Pendidikan Pancasila mengimplementasikan Kurikulum Merdeka ditinjau dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berdasarkan tahapan implementasi pembelajaran kurikulum merdeka pada tahap berkembang dan tahap siap; (2) faktor pendukung kesiapan guru Pendidikan Pancasila dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yaitu pelatihan Kurikulum Merdeka, Platform Merdeka Mengajar, dan fasilitas sekolah. Sedangkan faktor penghambat guru Pendidikan Pancasila dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yakni perubahan paradigma guru dan pemahaman siswa yang masih rendah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.