Keterwujudan asas-asas pelayanan publik dalam pelaksanaan pelayanan berbasis Sistem Informasi Desa di Kalurahan Panggungharjo

Frisca Dyan Areza, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suharno Suharno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Sistem Informasi Desa (SID) dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik di Kalurahan Panggungharjo, mendeskripsikan kendala yang dihadapi pemerintah Kalurahan Panggungharjo dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang baik berbasis SID, serta menganalisis solusi Pemerintah Kalurahan Panggungharjo dalam mengatasi kendala penerapan SID dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik. Penentuan subjek secara purposive yaitu Lurah, Jagabaya, Kamituwo, Manajer Data PSID dan masyarakat. Penggumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Implementasi SID dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik di Kalurahan Panggungharjo berjalan dengan baik meskipun belum optimal. Sebelas asas pelayanan publik menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Pasal 4 telah terlaksana dari 12 asas yang ada. (2) Kendala yang dihadapi oleh pemerintah kalurahan terbagi kedalam kendala pelaksanaan pelayanan berbasis SID, kendala dalam pengembangan SID dan kendala yang dirasakan oleh masyarakat. (3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala proses pelayanan publik bebasis SID di Kalurahan Panggungharjo telah memenuhi dimensi tangible, reability

Full Text:

PDF

References


Dwiyanto, D. (2022). Dasar Hukum bagi E-Government di Indonesia : studi pemetaan hukum pada pemerintah daerah. Jurnal penelitian hukum 2(5), 1-11 Kusdarini, E. (2011). Dasar-dasar hukum administrasi negara dan asas-asas umum pemerintahan yang baik. Yogyakarta : UNY Press. Kusdarini, E. (2019). Asas-asas umum pemerintahan yang baik dalam hukum administrasi negara. Yogyakarta : UNY Press. Mardhatillah, Y., & Novella, Y., (2022). Penggunaan teknologi informasi dan komuniasi dalam pelayaan kependudukan pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten buleleng. Jurnal Konstituen, 4(2), 114-131 Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nuriyanto. (2014). Penyelenggaraan pelayanan publik di Indonesia, sudahkan berlandaskan konsep “welfare state”?. Jurnal Konstitusi 11(3) 428-453 Pangaribowo, Gilang G. (2022). Implementasi kebijakan desa digital dalam pelayanan publik (studi di desa podomoto kecamatan pringsewu kabupaten pringsewu). Skripsi Universitas Lampung. Pemerintah Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Pemerintah Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Subagyo, J. P. (2004). Metode penelitian (dalam teori dan praktek). Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Suryantoro, B,. & Kusdyana, Y. (2020). Analisis kualitas pelayanan publik pada politeknik pelayaran Surabaya. Jurnal Baruna Horizon 3(2), 223-229.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i1.22116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link