Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi peserta didik melalui penerapan metode Seminar Socrates pada pembelajaran Pendidikan Pancasila

Zeni Dwi Astuti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suyato Suyato, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Artikel ini berdasarkan penelitian yang bertujuan untuk: (1) menguji pengaruh penerapan metode Seminar Socrates pada pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi peserta didik; (2) menguji efektivitas penerapan metode Seminar Socrates dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan sampel kelas X D sebagai kelas eksperimen dan X C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat pengaruh penerapan metode Seminar Socrates pada pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi peserta didik; (2) metode pembelajaran Seminar Socrates lebih efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai gain score sebesar 0,5226 dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional yang memperoleh nilai gain score lebih rendah yaitu sebesar 0,2594. Metode pembelajaran Seminar Socrates juga lebih efektif meningkatkan kemampuan berkomunikasi peserta didik dengan nilai gain score sebesar 0,1747 dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional yang memperoleh nilai gain score sebesar 0,0833.


Full Text:

PDF

References


Aliftika, O., Purwanto, & Utari, S. (2019). Profil Keterampilan Abad 21 Siswa SMA pada Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Materi Gerak Lurus. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(2), 141-147.

Killbane, C. R., & Milman, N. B. (2014). Teaching Models: Designing Instruction For 21st Century Learners. Pearson Education.

Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Sikap Ilmiah pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1-5.

Nopiani, S., Purnamasari, L., Nuvitalia , D., & Rahmawati, A. (2023). KOMPETENSI 4C DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 5202-5210.

OECD. (2022). PISA 2022 Data Explorer. OECD Publishing. Redhana, I. W. (2014, Februari). Pengaruh Model Pembelajaran Seminar Socrates terhadap Hasil Belajar Siswa. Cakrawala Pendidikan(1), 27-38. doi:10.21831/cp.v1i1.1859

Sarigoz, O. (2012). Assessment of the High School Students Critical Thinking Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences 46 (2012), 46, 5315-5319.

Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 20-30. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um031v1i2014p020

Sulistyaningrum, H., Winata, A., & Cacik, S. (2019). Analisis Kemampuan Awal 21st Century Skills Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 142-158. doi:https://doi.org/10.29407/jpdn/v5i1.13068

Sutiyono. (2017). Pengembangan Civic Skills melalui Seminar Socrates dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), 59-67. Retrieved from http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/index




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i1.22110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link