Peranan Guru Pendidikan Pancasila dalam Meningkatkan Kesadaran Berlalu Lintas Siswa (Studi Kasus di SMP Diponegoro Depok)
Iqbal Arpannudin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru Pendidikan Pancasila dalam meningkatkan kesadaran peraturan lalu lintas pada siswa SMP Diponegoro Depok, hambatan yang dihadapi guru Pendidikan Pancasila dalam meningkatkan kesadaran berlalu lintas, dan upaya guru menghadapi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan strategi penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi mengacu pada instrumen penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru Pendidikan Pancasila telah melakukan peranannya dengan baik. Hambatan yang dihadapi oleh guru antara lain dari internal pihak guru dan siswa. Sedangkan dari faktor eksternal hambatan berasal dari keluarga, lingkungan, dan masyarakat. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk menghadapi hambatan tersebut adalah melakukan kerjasama dengan pihak sekolah sebagai pihak internal dan menjalin kerjasama dengan keluarga, masyarakat, dan kepolisian.
Full Text:
PDFReferences
Amiruddin. (2013). Peranan guru PKn terhadap pembentukan moral siswa di SMP N 10 Palu. Jurnal Untad; Edu Civic, 1(1)
Boling, A. (2009). Dinamika kesadaran hukum. USU Press. Cholisin. (2013). Ilmu kewarganegaraan (civic). Ombak
Creswell, J. W. (2010). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed edisi ketiga. (terjemahan Achmad Fawaid). Pustaka Pelajar (Edisi asli diterbitkan tahun 2009 oleh SAGE Publications. Thousand Oaks California).
Menteri Pendidikan. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006, Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Mertokusumo, S. (2010). Bunga rampai ilmu hukum. Liberty. Moleong, L.J. (2017). Metode penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi guru profesional. Remaja Rosdakarya. Mutmainah D., & Kamaluddin. (2018). Peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam membentuk sikap dan kepribadian siswa. Jurnal Civicus: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(2), 44-43.
Narwoko, D. J., & Suryano, B. (2004). Sosiologi teks pengantar dan terapan. Kencana
Nurlia, D. A., Komariah, S., & Waluya, B. (2018). Faktor-faktor penyebab maraknya pengendara motor di bawah umur di Desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Sosietas, 7(2), 381- 385. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i2.10354
Rahardjo, S. (2002). Sosiologi hukum perkembangan metode dan pilihan masalah. UMS Press.
Rathinam, C., Nair, N., Gupta, A., Joshi, S., & Bansal S. (2017). Self-reported motocycle riding behavior among school children in India. Accident Analiysis and Prevention, 39(2). 10.1016/j.aap.2006.09.002
Ratnasari, F., Kumaat, L.T., & Mulyadi. (2014). Hubungan karakteristik remaja dengan kejadian kecelakaan lalu lintas pada komunitas motor Sulut King Community (SKC) Manado. Jurnal Keperawatan, 2(2). https://doi.org/10.35790/jkp.v2i2.6075
Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Nomor 22, Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Salman, O. (2008). Beberapa aspek sosiologi hukum. ALUMNI.
Saputra, Y. M., & Rudyanto. (2005). Pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keterampilan anak taman kanak-kanak. Depdiknas.
Soekanto, S. (1990). Polisi dan lalu lintas (analisis menurut sosisologi hukum). Mandar Maju. Sunarso. (2006). Pendidikan kewarganegaraan (pendidikan kewarganegaraan untuk perguruan tinggi). UNY Press.
Suparlan. (2006). Guru sebagai profesi. Hikayat. Suyitno. (2015). Hubungan antara hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) dengan pemahaman, dan kesadaran berlalu lintas siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta. thesis UNY.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.