Pemanfaatan beragam sumber belajar dalam pembelajaran PPKn pada implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 2 Yogyakarta

Aland Aryaguna, , Indonesia
suyato suyato, , Indonesia

Abstract


Artikel ini disusun berdasarkan penelitian yang bertujuan untuk melakukan analisis dan mendeskripsikan kemerdekaan pemanfaatan sumber belajar oleh guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Yogyakarta dalam Kurikulum Merdeka. Selain itu, penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengidentifikasi berbagai faktor pendukung dan penghambat upaya guru PPKn SMK Negeri 2 Yogyakarta memanfaatkan sumber belajar secara merdeka dan bermanfaat dalam proses pembelajaran bersama peserta didik. Tidak sampai disitu, penelitian ini juga mendeskripsikan keberhasilan upaya guru PPKn SMK Negeri 2 Yogyakarta memanfaatkan berbagai sumber belajar secara merdeka terhadap peningkatan antusias dan semangat belajar peserta didik yang sudah pasti akan mempengaruhi hasil belajarnya. Penelitian pada artikel ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yang ditentukan sendiri oleh peneliti dengan teknik purposive.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v12i4.20176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link