Implementasi Penilaian dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Daring di Mts 8 Gunungkidul.

Prabawati Sukma Jaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Iffah Nur Hayati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan implementasi penilaian dalam pembelajaran PPKn berbasis daring di MTs Negeri 8 Gunungkidul, (2) mengidentifikasi hambatan yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran PPKn berbasis daring di MTs Negeri 8 Gunungkidul, (3) mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi adanya hambatan dalam melaksanakan penilaian dalam pembelajaran PPKn berbasis daring di MTs Negeri 8 Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek ditentukan melalui teknik purposive, yakni guru PPKn. Pengujian keabsahan data  menggunakan teknik cross chek. Analisis data dengan menggunakan induktif. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pelaksanaan penilaian pembelajaran PPKn berbasis daring yang dilakukan belum terlaksana sesuai dengan standar penilaian pembelajaran yang telah ditetapkan; (2) Hambatan yang di alami yakni, keterbatasan guru dalam mengembangkan platform pembelajaran, guru merasa kesulitan dalam melakukan kontrol kepada peserta didik, keterbatasan waktu dalam melakukan penilaian dan koneksi internet yang tidak lancar; (3) Upaya yang dengan memaksimalkan platform pembelajaran, memperbanyak interaksi dengan peserta didik, dan mengikuti pelatihan/diklat.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, R.S. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.

Adawiah, R., Kiptiah, M., & Kamariah, M. (2022). Penerapan Penilaian Sikap Siswa Pada

Pembelajaran Online. Integralistki, 1, 9-10.

Afandi, M. (2013). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: UNISSULA Press.

Agustin, A., Suryono, H., & Yuliandari. (2017). Teknik Penilaian Diri Berbasis Google Form Pada

Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. PKn Progresif, 12, 482-491.

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2002). Produser Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Arikunto, S. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrul., A.R., & Rosnita. (2015) . Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Ciptapustaka Media.

Astiti, K.A. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

A, N, Sobron, dkk. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat

Belajar IPA. Pendidikan Islam dan Mulitkulturalisme, 1.

Cholisin. (2004). Diktat Pendidikan Kewargenegaraan (Civic Education). UNY: Prodi PPKn.

Dilla, R.F. (2019). Penilaian Aspek Pengetahuan Melalui Jenis Penilaian Tes Di TK Al-Fadhillah

Kabupaten Sleman DIY. Jurnal Kajian Anak, 1, 103.

Fuadi, T.M., Musriandi, R. & Suryani, Linda. (2020). Covid-19 : Penerapan Pembelajaran Daring

Di Perguruan Tinggi. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4, 193-200.

Hafiz, M., Desniarti, & Anisa, Y. (2020). Pembelajaran Daring yang Dihadapi Guru Sekolah

Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 1, 2301-7730.

Hardani., Andriani, H., Ustiawaty, J., et al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kauntitatif.

Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Harynto. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press.

Herayanti, L., Fuadunnazami, M. & Habibi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasisi

Moodle Pada Matakuliah Fisika Dasar. Mataram: FPMIPA IKIP Mataram.

Hermawan, S., & Amirullah. (2016). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif.

Malang: Media Nusa Creative.

Jailani & Jemmi, A,S. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Kencana.

Kemendikbud. (2017). Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan. Jakarta:

Kemendikbud.

Kemendikbud. (2020). Belajar Dari Rumah Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA. Jakarta:

Kemendikbud.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik : (penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum

. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

AGORA: Jurnal Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan

Kusaeri. (2014). Acuan & Teknik Penilaian Proses & Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013.

Surabaya: Ar-Ruzz Media

Mardikarini, S. & Hamdani, F. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Kurikulum 2013

di SD Negeri 1 Tapak. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 1, 70-76.

Martaningsih, S.T., Maryani, I. & Fatmawati, L. (2015). Modul Pelatihan ibM Active Learning Guru

SD dan Pelatihan Penilaian Autentik. UAD: PGSD FKIP.

Marzuki, I., & Halim, L. (2019). Evaluasi Pendidikan Islam. Tadarus Tarbawy, 1, 77-84.

Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Jurnal

Sosial dan Pembangunan, 20, 478-492.

Munir, M. (2015). Studi Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Guru dan Siswa

SMK di Yogyakarta. Yogyakarta: UNY.

Mustofa, M.I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai

Upaya Menekankan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information

Technology, 1, 151-160.

Narbuko, C., & Achmadi, A. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nugrahani, F. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo:

Cakra Books.

Nur, I.S., & Zulyan. (2021). Hambatan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam

Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 10857-10868.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 tahun

tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya

Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendikbud Nomor 109 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan

Permendikbud Nomor 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah

Tsanawiyah.

Permendikbud Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum

Poerwadarminta. (2006). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Rahman, A.A., & Nasryah. C. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi

Indoenesia.

Ramadhani, R., dkk. (2020). Platform Asesmen untuk Pembelajaran Daring: Teori & Praktik.

Medan: Yayasan Kita Menulis

Ratnawulan, E. & Rusdiana, H.A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kurikulum

Bandung: Pustaka Setia.

Rusdianan, H.A., (2018). Penilaian Autentik (Konsep, Prinsip, dan Aplikasinya). Bandung: Pustaka

Setia.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Biologi, 6, 214-224.

Salim & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Ciptapustaka Media.

Prabawati Sukma Jaya, Iffah Nur Hayati. Implementasi Penilaian dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Berbasis Daring di Mts 8 Gunungkidul

Saumi, S., Saiful, & Ruslan. (2016). Proses Penilaian Oleh Guru PPKn di SMP Se-Kecamatan

Syamatalira Aron. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan, 1, 31-42.

Semiawan, C.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya.

Jakarta: Grasindo.

Sidiq, U., & Choiri, M.M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo:

CV. Nata Karya.

Siregar, E., & Nara. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media

Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhery., Putra, T.J. & Jasmalinda. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan

Google Clasroom pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatam. Jurnal Inovasi Penelitian,

, 129-132.

Sukadi, (2017). Visi, Misi dan Tujuan PPKN K13 menurut CICED (Center for Indonesia Civic

Education). Singaraja :UNDIKSHA

Surat Edaran Nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman Penyelengaraan Belajar Dari Rumah

Suyato & Iqbal Arpannudin. (2018). Penilaian Pembelajaran Pendidikan Kewarganeganegaraan.

Yogyakarta: UNY Press.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Utami, P.P., Maghfiroh, Sumarni,E., et.al. (2022) Analisis Penilaian Sikap Siswa Pada Pembelajaran

PPKn Melalui Media Daring. Jurnal Citizenship, 2, 404-405.

Winarno. (2019). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan Panduan Kuliah di Perguruan

Tinggi. Jakarta: Bumi Aksara.

Winataputra, U.S. (2016). Posisi Akademik Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Muatan/Mata

Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam Konteks Sistem

Pendidikan Nasional. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1, 15-36.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta:

Kencana.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v12i4.20175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link