Implementasi Penilaian dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Daring di Mts 8 Gunungkidul.
Iffah Nur Hayati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan implementasi penilaian dalam pembelajaran PPKn berbasis daring di MTs Negeri 8 Gunungkidul, (2) mengidentifikasi hambatan yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran PPKn berbasis daring di MTs Negeri 8 Gunungkidul, (3) mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi adanya hambatan dalam melaksanakan penilaian dalam pembelajaran PPKn berbasis daring di MTs Negeri 8 Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek ditentukan melalui teknik purposive, yakni guru PPKn. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik cross chek. Analisis data dengan menggunakan induktif. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pelaksanaan penilaian pembelajaran PPKn berbasis daring yang dilakukan belum terlaksana sesuai dengan standar penilaian pembelajaran yang telah ditetapkan; (2) Hambatan yang di alami yakni, keterbatasan guru dalam mengembangkan platform pembelajaran, guru merasa kesulitan dalam melakukan kontrol kepada peserta didik, keterbatasan waktu dalam melakukan penilaian dan koneksi internet yang tidak lancar; (3) Upaya yang dengan memaksimalkan platform pembelajaran, memperbanyak interaksi dengan peserta didik, dan mengikuti pelatihan/diklat.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R.S. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.
Adawiah, R., Kiptiah, M., & Kamariah, M. (2022). Penerapan Penilaian Sikap Siswa Pada
Pembelajaran Online. Integralistki, 1, 9-10.
Afandi, M. (2013). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: UNISSULA Press.
Agustin, A., Suryono, H., & Yuliandari. (2017). Teknik Penilaian Diri Berbasis Google Form Pada
Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. PKn Progresif, 12, 482-491.
Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2002). Produser Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Arikunto, S. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asrul., A.R., & Rosnita. (2015) . Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Ciptapustaka Media.
Astiti, K.A. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
A, N, Sobron, dkk. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat
Belajar IPA. Pendidikan Islam dan Mulitkulturalisme, 1.
Cholisin. (2004). Diktat Pendidikan Kewargenegaraan (Civic Education). UNY: Prodi PPKn.
Dilla, R.F. (2019). Penilaian Aspek Pengetahuan Melalui Jenis Penilaian Tes Di TK Al-Fadhillah
Kabupaten Sleman DIY. Jurnal Kajian Anak, 1, 103.
Fuadi, T.M., Musriandi, R. & Suryani, Linda. (2020). Covid-19 : Penerapan Pembelajaran Daring
Di Perguruan Tinggi. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4, 193-200.
Hafiz, M., Desniarti, & Anisa, Y. (2020). Pembelajaran Daring yang Dihadapi Guru Sekolah
Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 1, 2301-7730.
Hardani., Andriani, H., Ustiawaty, J., et al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kauntitatif.
Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Harynto. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press.
Herayanti, L., Fuadunnazami, M. & Habibi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasisi
Moodle Pada Matakuliah Fisika Dasar. Mataram: FPMIPA IKIP Mataram.
Hermawan, S., & Amirullah. (2016). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif.
Malang: Media Nusa Creative.
Jailani & Jemmi, A,S. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Kencana.
Kemendikbud. (2017). Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan. Jakarta:
Kemendikbud.
Kemendikbud. (2020). Belajar Dari Rumah Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA. Jakarta:
Kemendikbud.
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik : (penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum
. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
AGORA: Jurnal Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan
Kusaeri. (2014). Acuan & Teknik Penilaian Proses & Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013.
Surabaya: Ar-Ruzz Media
Mardikarini, S. & Hamdani, F. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Kurikulum 2013
di SD Negeri 1 Tapak. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 1, 70-76.
Martaningsih, S.T., Maryani, I. & Fatmawati, L. (2015). Modul Pelatihan ibM Active Learning Guru
SD dan Pelatihan Penilaian Autentik. UAD: PGSD FKIP.
Marzuki, I., & Halim, L. (2019). Evaluasi Pendidikan Islam. Tadarus Tarbawy, 1, 77-84.
Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Jurnal
Sosial dan Pembangunan, 20, 478-492.
Munir, M. (2015). Studi Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Guru dan Siswa
SMK di Yogyakarta. Yogyakarta: UNY.
Mustofa, M.I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai
Upaya Menekankan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information
Technology, 1, 151-160.
Narbuko, C., & Achmadi, A. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Nugrahani, F. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo:
Cakra Books.
Nur, I.S., & Zulyan. (2021). Hambatan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam
Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 10857-10868.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 tahun
tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya
Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Permendikbud Nomor 109 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh.
Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan
Permendikbud Nomor 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah
Tsanawiyah.
Permendikbud Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum
Poerwadarminta. (2006). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Rahman, A.A., & Nasryah. C. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi
Indoenesia.
Ramadhani, R., dkk. (2020). Platform Asesmen untuk Pembelajaran Daring: Teori & Praktik.
Medan: Yayasan Kita Menulis
Ratnawulan, E. & Rusdiana, H.A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kurikulum
Bandung: Pustaka Setia.
Rusdianan, H.A., (2018). Penilaian Autentik (Konsep, Prinsip, dan Aplikasinya). Bandung: Pustaka
Setia.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Biologi, 6, 214-224.
Salim & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Ciptapustaka Media.
Prabawati Sukma Jaya, Iffah Nur Hayati. Implementasi Penilaian dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Berbasis Daring di Mts 8 Gunungkidul
Saumi, S., Saiful, & Ruslan. (2016). Proses Penilaian Oleh Guru PPKn di SMP Se-Kecamatan
Syamatalira Aron. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan, 1, 31-42.
Semiawan, C.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya.
Jakarta: Grasindo.
Sidiq, U., & Choiri, M.M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo:
CV. Nata Karya.
Siregar, E., & Nara. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media
Publishing.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhery., Putra, T.J. & Jasmalinda. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan
Google Clasroom pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatam. Jurnal Inovasi Penelitian,
, 129-132.
Sukadi, (2017). Visi, Misi dan Tujuan PPKN K13 menurut CICED (Center for Indonesia Civic
Education). Singaraja :UNDIKSHA
Surat Edaran Nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman Penyelengaraan Belajar Dari Rumah
Suyato & Iqbal Arpannudin. (2018). Penilaian Pembelajaran Pendidikan Kewarganeganegaraan.
Yogyakarta: UNY Press.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Utami, P.P., Maghfiroh, Sumarni,E., et.al. (2022) Analisis Penilaian Sikap Siswa Pada Pembelajaran
PPKn Melalui Media Daring. Jurnal Citizenship, 2, 404-405.
Winarno. (2019). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan Panduan Kuliah di Perguruan
Tinggi. Jakarta: Bumi Aksara.
Winataputra, U.S. (2016). Posisi Akademik Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Muatan/Mata
Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam Konteks Sistem
Pendidikan Nasional. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1, 15-36.
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta:
Kencana.
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v12i4.20175
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.