Pemahaman Materi melalui Google Classroom pada Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Pertama
Mukhamad Murdiono, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap pemahaman peserta didik kelas VII pada materi norma dan keadilan dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian eksperimen semu (quasi-experiment). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sleman sebanyak 192 siswa, yang kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan uji prasyarat analisis.
Dapat diketahui bahwa hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas eksperimen dan kelas kontrol yakni kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki peningkatan nilai sebesar 15,94 sedangkan untuk kelas kontrol memperoleh nilai rara-rata pretest sejumlah 71,58 kemudian pada saat posttest mengalami kenaikan menjadi 81,56. Dengan demikian, adanya peningkatan nilai peserta didik tersebut menunjukkan bahwa Google Classroom terbukti memiliki pengaruh dalam meningkatkan pemahaman materi dan hasil belajar.
Kata kunci: Google Classroom, pemahaman materi, pembelajaran PPKn materi norma dan keadilan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.