Penggunaan Game Mobile Legends dan pengaruhnya terhadap perilaku hate speech siswa SMA Negeri 1 Karangmojo Kabupaten Gunungkidul
Suyato Suyato, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Game Mobile Legends terhadap perilaku hate speech siswa SMA N 1 Karangmojo Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto. Sampel dalam menggunakan teknik sampling berupa Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas penelitian ini menggunakan rumus Cronbach Alpha. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan Game Mobile Legends memiliki pengaruh terhadap perilaku hate speech siswa (signifikansi<0,05). Adapun koefisien determinasi sebesar 0,239 yang berarti kontribusi pengaruh yang diberikan penggunaan Game Mobile Legends terhadap perilaku hate speech sebesar 23,9%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Game Mobile Legends berpengaruh terhadap perilaku hate speech siswa SMA Negeri 1 Karangmojo Kabupaten Gunungkidul.
Full Text:
PDFReferences
Amelia, R. A. (2023). Analisis Dampak Game Mobile Legend Terhadap Perilaku Agresif Siswa Kelas VIII
Di SMP Negeri 16 Kota Cirebon. (Doctoral dissertation, IAIN SYEKH NURJATI. S1 BKI).
Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Breuer, J. (2017). Online Hate Speech. Perspektiven auf eine neue Form des Hasses. Düsseldorf.
Febriyani, M. (2018). Analisis Faktor penyebab Pelaku Melakukan Ujaran Kebencian (Hate Speech)
dalam Media Sosial. Fakultas Hukum.
Gabriel, S. (2020). Hate Speech in der Computerspielkultur. Dalam T.-G. Rüdiger & P. S. Bayerl (Ed.),
Cyberkriminologie: Kriminologie für das digitale Zeitalter (hlm. 269–287). Springer
Fachmedien Wiesbaden. https://doi.org/10.1007/978-3-658-28507-4_11
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan
Penerbit Universitas Diponegoro.
Hardani. (2020). Metode penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Ilmu.
Karo, R. P. P. K. (2022). Hate Speech: Penyimpangan terhadap UU ITE, Kebebasan Berpendapat dan
Nilai-Nilai Keadilan Bermartabat. Jurnal Lemhannas RI, 10(4), 52-65.
AGORA: Jurnal Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan
Khotimah, K., & Minarni, E. (2016). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral
Teknik Kontrol Diri Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas X TKR SMK
Muhammadiyah 6 Rogojampi. Jurnal FKIP Universitas PGRI Banyuwangi.
Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. (n.d.). Buku Saku Penanganan Hate Speech.
Mendes Da Silva, B., Tavares, M., Cerol, F., Mendes Da Silva, S., Alves, P. F., & Isca, B. (2020). Playing
Against Hate Speech-How Teens See Hate Speech in Video Games and Online Gaming
Communities. Journal of Digital Media & Interaction, 3(6), 34–52.
Mursidin, M., & Mursidin, I. I. (2022). The Impacts of Online Games on Students’ English Achievement.
Dalam Indonesian Journal of Education (INJOE (Vol. 2, Issue 1).
Pamungkas, B. Y. (2021). Pengaruh kecanduan game online PUBG Mobile playerunknow's
battlegrounds terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Islam
Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri
Maulana Malik Ibrahim).
Purnomo, R.A. (2016). Analisis statistik ekonomi dan bisnis dengan SPSS. Ponorogo: Wade Group.
Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere, 28-38.
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v12i3.20158
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.