Perwujudan pelayanan publik yang baik melalui aplikasi Dukcapil Smart Bantul di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul
Suharno Suharno, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya, kendala, dan solusi mengatasi kendala dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik melalui aplikasi Dukcapil Smart Bantul. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perwujudan pelayanan publik yang baik dengan membuat inovasi aplikasi Dukcapil Smart Bantul. Kendala yang ditemui: a) Masyarakat banyak belum memiliki smartphone; b) Kurangnya dukungan dari masyarakat dan kualitas SDM minim; c) Terbatasnya sarana dan prasarana; dan d) Kondisi kerja karena pandemi. Solusi menghadapi kendala sebagai berikut: a) mengembangkan aplikasi dengan autentikasi; b) Melaksanakan kegiatan jemput bola; c) Memberikan jaminan pelayanan selesai 3 (tiga) hari; dan d) Sosialisasi secara konvensional.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.