Efektivitas Penggunaan Instagram dan Twitter sebagai Media Pembelajaran PPKn Terhadap Tingkat Literasi Kewargaan

Millenia Aura Asa, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Samsuri Samsuri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk 1) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan media sosial Instagram terhadap tingkat literasi kewargaan kelas VIII SMP Negeri 1 Kalibawang; 2) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan media sosial Twitter terhadap tingkat literasi kewargaan kelas VIII SMP Negeri 1 Kalibawang; 3) Menganalisis perbedaan pengaruh penggunaan media sosial Instagram dan Twitter terhadap kemampuan tingkat literasi kewargaan pada pembelajaran PPKn pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Kalibawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan populasi yaitu kelas VIII A dan VIII B tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel respondennya adalah kelas VIII A sebanyak 32 peserta didik dan kelas VIII B sebanyak 31 peserta didik. Pemilihan sampel responden dilakukan secara purposive dengan pertimbangan dari pihak sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes berupa soal yang dijadikan pre-test dan post-test dan instrumen non-tes berupa pengisian angket oleh kedua kelas eksperimen. Instrumen tes digunakan untuk mengukur tingkat pencapaian belajar PPKn Kelas VIII dengan model pembelajaran discovery learning. Hasil penelitian ini adalah bahwa mean post-test pada kelas eksperimen Twitter yaitu sebesar 13,32 sedangkan hasil mean post-test kelas eksperimen Instagram yaitu sebesar 12,66. Sehingga perbedaan hanya sebesar 0,66 maka dapat dinyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar dari kedua kelas eksperimen. Penelitian ini menyatakan kedua media sosial tersebut efektif digunakan sebagai media pembelajaran PPKn terlebih sebagai peningkatan literasi kewargaan.


Full Text:

PDF

References


Abraham, Firda. 2014. Pemanfaatan Twitter Sebagai Media Komunikasi Massa. Jurnal: Penelitian Pers dan

Komunikasi Pembangunan Volume 18 Nomor 1 Halaman 67-80.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Atmoko, Bambang

Dwi. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita. Cholisin. 2004.

Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Yogyakarta.

Cholisin. 2010. Ilmu Kewarganegaraan (IKN). In: Konsep IKN - PKN. Universitas Terbuka, Jakarta.

Daryanto, Haji. 2011. Evauasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Millenia Aura Asa, Dr. Samsuri, S.Pd., M.Ag.. Efektivitas Penggunaan Instagram dan Twitter sebagai Media Pembelajaran PPKn

Terhadap Tingkat Literasi Kewargaan

Endang Mulyatiningsih. 2012. Metodologi Penelitian Terapan. Yogyakarta: Alfabeta

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS edisi 9. Semarang:

BadanPenerbit Universitas Diponegoro.

Hayati, Maulida Amalia. 2015. Pengaruh Penggunaan Media CD Interaktif Terhadap Minat dan Hasil Belajar

Siswa dalam Pembelajaran PKN Kelas VIII di SMP Negeri 3 Temanggung. Skripsi. Universitas

Negeri Yogyakarta.

Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. 2018. Perilaku generasi milenial dalam menggunakan aplikasi

Go-food. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 6 (2), 240-249.

Izma, Tri. dkk. 2019. Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Bangsa.

Palembang:Universitas PGRI Palembang.

Kaelan. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma.

Latuheru, John D. 1988. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini. Jakarta:

DepartemenPendidikan dan Kebudayaan.

Mahendra, Bimo. Jurnal Visi Komunikasi Online Vol. 16: Eksistensi Sosial Remaja dalam Instagram (Sebuah

Perspektif Komunikasi). 2017. Mercu Buana.

Mulyanta dan Marlon Leong. 2009. Tutorial Membangun Multimedia Interaktif: Media Pembelajaran.

Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Nasrullah, Rulli. 2016. Media Sosial & Perspektif Komunikasi Budaya Dan Sosial. Bandung: Simbiosa

Rekatama.

Noor, Juliansyah. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada Group.

Octavialis, Neancy dan Azwar Ananda. 2021. Journal of Civic Education: Pembinaan Literasi

Kewarganegaraan di SMP Negeri 11 Padang. Jurnal Prodi Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan FIS Universitas Negeri Padang Volume 4 Nomor 2 Halaman 122.

Oemar Hamalik. 1989. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2018 Tentang

Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang

Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Pitaloka, Enjelya Dewi. dkk. 2022 Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Sarana Pembelajaran di Era Digital.

Journal of Digital Education, Communication, and Arts. Volume 5 Nomor 1 Halaman 40-49.

Putri, A. A. K. S. 2018. Analisis pengaruh sikap generasi milineal terhadap minat beli online pada situs

jejaring sosial. (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia).

Sahlan. 2022. Dampak Media Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa/I Kelas Vb Mis Al-Hidayah. Jurnal:

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Ittihadiyah Labuhanbatu Utara. Volume XXI Nomor 1 Halaman 53-

Septiani, Dian Nafisah. dkk. 2021. Pengembangan Infografis Berbasis Instagram Sebagai Media

Pembelajaran Teks Berita untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia Volume 4 Nomor 2 Halaman 81-93.

Solihin, Lukman. dkk. 2021. Membentuk Warga Negara yang Demokratis. Konstruksi Literasi Kewargaan

dalam Mata Pelajaran PPKn. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan

Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

AGORA: Jurnal Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan

Somantri, M. N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya.Sugiyono.

Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukardjo. 2008. Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Prodi Teknologi Pembelajaran, Pps

UNY.

Suryadi, Karim. 2010. Inovasi Nilai dan Fungsi Komunikasi Partai Politik Bagi Penguatan Civic Literacy.

Bandung: UPI.

Syaodih, Nana. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya

Tachyudin, Muhammad. dkk. 2020. Civic-Culture:Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya. Penguatan

Civic Literasi dalam Membentuk Wawasan Kebangsaan. Jurnal Program Studi Pendidikan Pancasila

dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Volume 4 Nomor 2 Halaman 31-39.

Tim Penyusun. 2017. Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan

dan Kebudayaan.

Umar, Husem. 1998. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003.

Winataputra, Udin. Modul Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai Pendidikan Karakter berbasis Nilai

dan Moral Pancasila. Universitas Terbuka.

Zulfikar, M. F. dkk. 2020. Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Bangsa.

Makassar: Pendidikan Ilmu Sosial, Pps UNM.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v12i2.20148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link