Penguatan keterampilan kerja sama siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Peleton Inti di SMA N 1 Sentolo

Agustina Olivea Amanda Prima Arisandy, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suyato Suyato, Univerisitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kegiatan pembelajaran di dalam kelas dinilai kurang optimal terutama dalam penyampaian karakter. Guru telah berupaya semaksimal mungkin tetapi masih ditemui beberapa permasalahan karakter di dalam kelas. Salah satu karakter yang ialah karakter kerja sama. Permasalahan ini terlihat dalam beberapa kegiatan di dalam kelas yakni masih banyaknya siswa yang tak acuh dengan teman, tidak berkontribusi dan bahkan tidak menghiraukan interuksi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan kerja sama siswa melalui ekstrakurikuler Peleton Inti yang berada di SMA N 1 Sentolo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa adanya kegiatan Peleton Inti sudah berjalan dengan baik dan memberikan peranan yang baik dalam keterampilan kerja sama siswa, kemudian ditemukan faktor pendorong dan penghambat serta sekolah telah mengupayakan untuk mengatasi hambatan yang ada. Penelitian ini merekomendasikan agar nantinya sekolah dapat menangani hambatan dengan lebih serius.


Full Text:

PDF

References


Alfitha Nada. (2021). Pengaruh Pembelajaran Abad 21 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata

Pelajaran Geografi Di Sma Negeri 3 Palu. Tesis magister, tidak diterbitkan, Universitas

Tadulako.Sulawesi Tengah.

Bakrun, M. (2018). Penigkatan Proses Pembelajarandan Penialaian Pembelajaran Abad 21 dalam

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMK.Jakarta : Direktorat Pembina Sekolah Menengah

Kejuruan Direktoran Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan

Kebudayaan.

Branson. (1999). Belajar Civic Education dari Amerika. Yogyakarta: Lembaga Kajian Islam dan Sosial.

Budimansyah, D. (2008). Revitalisasi Pembelajaran PKn melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan

Project Citizen. Jurnal Acta Civicus, Vol 1 No. 2.

Depdikbud (2003). Undang Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Humas UNY. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan Emban Misi Literasi Kewargaan. Diakses pada 11

Juli 2022, dari https://www.uny.ac.id/id/berita/pendidikan-kewarganegaraan-emban-misiliterasi-kewargaan

Megawangi, Ratna. (2004). Pendidikan Karakter solusi yang tepat untuk membangun bangsa. Bogor:

Indonesia Heritage Foundation.

Mustari,Mohamad. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidian. Jakarta: Grafindo Persada.

Paradila Anita. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Abad 21 (21st Century Skills) Pada Guru Kejuruan

Di Smk Negeri 1 Brebes. Skripsi Sarjana,tidak diterbitkan. Universitas Negeri Semarang. Jawa

Tengah.

Agustina Olivea, Suyato. Penguatan ketermpilan kerja sama siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Peleton Inti di SMA N 1 Sentolo

Pratomo Wachid. (2016). Memahami Pendekatan Dan Habituasi Pkn Sebagai Pendidikan Nilai Dan

Moral Bagi Guru Di Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol. 2, Nomor 2.

Safitri Rizky Ila. (2018). Penerapan Teknik Modelling Dalam Ekstrakurikuler Pramuka Bagi Anak

Tunagrahita RIngan di SMPLB C Aisiyah Krian. Jurnal Pendidikan Khusus,Vol 10 No 2.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung:PT Alfabeta.

Suyato & Iffah Nurhayati. (2020) Teaching Values Through Reflective Practice: Senior High School

Teacher Experiences. 4th International Conference of Social Science and Education (ICSSED)

Thomas Lickona. (2015). Educating for Character; Mendidik untuk Membentuk Karakter.PT Bumi

Aksara: Jakarta.

Uswatun Siti H. (2019). Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra Dalam Rangka Pembinaan Karakter

Semangat Kebangsaan Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.Vol 3 No 2.

Westheimer, J., & Kahne,J. (2004). Mendidik Warga Negara Yang “Baik”:Pilihan Politik Dan Pedagogis

Sasaran.Diterima Dari PS Ilmu Politik Dan Politik,37(2).

Zubaidah, S. (2019). Keterampilan Abad 21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran.

Disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan dengan tema Isu-isu Starategi Pembelajaran

MIPA Abad 21 , tanggal 10 Desember 2016 di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada

Khatulistiwa Sintang-Kalimantan Barat (2016).




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v12i2.20147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link