Penguatan keterampilan kerja sama siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Peleton Inti di SMA N 1 Sentolo

Agustina Olivea Amanda Prima Arisandy, , Indonesia
Suyato Suyato, , Indonesia

Abstract


Kegiatan pembelajaran di dalam kelas dinilai kurang optimal terutama dalam penyampaian karakter. Guru telah berupaya semaksimal mungkin tetapi masih ditemui beberapa permasalahan karakter di dalam kelas. Salah satu karakter yang ialah karakter kerja sama. Permasalahan ini terlihat dalam beberapa kegiatan di dalam kelas yakni masih banyaknya siswa yang tak acuh dengan teman, tidak berkontribusi dan bahkan tidak menghiraukan interuksi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan kerja sama siswa melalui ekstrakurikuler Peleton Inti yang berada di SMA N 1 Sentolo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa adanya kegiatan Peleton Inti sudah berjalan dengan baik dan memberikan peranan yang baik dalam keterampilan kerja sama siswa, kemudian ditemukan faktor pendorong dan penghambat serta sekolah telah mengupayakan untuk mengatasi hambatan yang ada. Penelitian ini merekomendasikan agar nantinya sekolah dapat menangani hambatan dengan lebih serius.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.