Pengaruh Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar PPKn di SMP N 2 Karangmojo

Andhika Nanda Bagus Pangestu, , Indonesia
Suharno Suharno, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran quizizz terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP N 2 Karangmojo. Metode peneltian yang digunakan adalah kuantitatif dengan bentuk one shot case study designs. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII SMP N 2 Karangmojo dengan jumlah sampel yang dipilih sebanyak 130 responden menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kuesioner. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan Skala Likert. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran quizizz berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP N 2 Karangmojo. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan uji data antara media pembelajaran quizizz (X) terhadap minat belajar siswa (Y) yang menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari nilai probabilitas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.