Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Pengasih
Suyato Suyato, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian bertujuan ini untuk (1) mendeskripsikan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn masa pandemi-19 di SMA Negeri 1 Pengasih, (2) mendeskripsikan kendala dialami oleh guru dalam memberi motivasi belajar siswa masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Pengasih, dan (3) mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa padaPenelitian ini merupakan penelitan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI. Objek penelitian adalah motivasi belajar siswa masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Pengasih. Pengumpulan data penelitian dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Analisis data yang dilakukan meliputi: pengumpulan data, reduksi data, dan kesimpulan serta kredibilitas penelitian diuji dengan trigulasi pengumpulan data. Hasil penelitian menujukan (1) motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Pengasih tidak menurun. (2) Kendala dialami guru dalam memberi motivasi belajar siswa yaitu guru mengalami kesulitan dalam memberi motivasi. (3) upaya yang dilakukan oleh guru untuk menigkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran PPKn masa covid-19.
Full Text:
PDFReferences
Agustino, Leo. (2020) ANALISIS KEBIJAKAN PENANGANAN WABAH COVID-19: PENGALAMAN
INDONESIA. Jurnal Borneo Administrator. Vol. 16 :253-270.
Alfabeta, CV.Tokan, M. K., & Imakulata, M. M. (2019). The effect of motivation and learning behaviour
on student achievement. 39(1), 1–8.
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi
Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari
Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian
Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.
Kusuma, J. W., & Hamidah. (2020). Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran
Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 5(1).
Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia
Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 116–119.
Merriam, S. B. and E. J. Tisdell (2016). Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation (4th
ed.). San Francisco, Jossey Bass.
Miles, M. B., et al. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Source Book. Arizona State University,
SAGE Publications, Inc.
Nuraiha, N. (2020). Pelaksanaan metode pengajaran variatif Pada pembelajaran Al Quran MAN 1 Tanjung
jabung timur Kabupaten tanjab timur. Jurnal Literasiologi, 4(1).
Putra, A. D., & Afriansyah, H. (2019). Pentingnya Sarana dan Prasarana Pembelajaran terhadap Motivasi
Belajar Siswa SMAN 16 Tebo
Rachmatia, Astrid Natasya dan Khasanah.(2019). Hubungan antara Pemanfaaatan E-journal dan Motivasi
Belajar Dengan Kemampuan Pengetahuan Kepustakaan. Jurnal Akademika Teknologi
Pendidikan, 8(2)
Rahardian Yudhistira, dkk. (2020). Pentingnya Perkembangan Pendidikan di Era Modern. Prosiding
Samasta: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia
Rully Anas Ramadhan. (2020). Pengembangan Model Penanaman Nilai-Nilai karakter Pancasila
Bermedia Wayang Suket Puspa Salira. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,
(2), 542-551
Salma Alvira., dkk. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Generasi Muda sebagai Agent
of Change. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (3), 9201-9207.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :
Sunarti Rahman. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding
Seminar Nasional Pendikan Dasar: Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0. di
Gorontalo 25 November 2021. ISBN 978-623-98648-2-8, 289-302
Wijiyono, W. (2019). Hubungan Pengambilan Keputusan dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru
Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Tangerang. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen
Pendidikan, 5(02), 145-154.
Wiranda, T., & Adri, M. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Modul Pembelajaran Teknologi WAN Berbasis
Android. VoteTEKNIKA (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(4), 2302–3295.
Yin, R. K. (2016). Qualitative research from start to finish (Second Edition). New York, The Guilford
Press.
Yulianti. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. Cermin:
Jurnal Penelitian, 5 (1), 28-35.
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v12i1.20142
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.