Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dipengaruhi oleh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Team Games Tournament di SMP
Samsuri Samsuri, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh model kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pedidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP. (2) Mengetahu pengaruh model kooperatif Teams Games Tournament terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pedidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP. (3) Membandingkan hasil ppengaruh model kooperatif manakah yang lebih berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pedidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi exsperiment dengan desain penelitian Matching Pretest-Posttest Comparasion Grup Design. Populasi penelitian ini adalah peseta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Mertoyudan sebanyak 192 peserta didik. Teknik pengambilan sampling menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh peserta didik kelas VIII B dan VIII A dengan jumlah 64 peserta didik. Data dikumpulkan dengan tes. Hasil data dilakukan dengan analisis uji prasyarat, uji hipotesis, dan uji gain unkuk hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian bahwa (1) pengaruh model kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik berdasarkan hasil dari uji N-gain transformation, nilai sebesar 0,29. (2) pengaruh model kooperatif Team Games Turnament terhadap hasil belajar peserta didik berdasarkan hasil dari uji N-gain menguji, nilai sebesar 0,45. (3) membandingkan hasil pada uji N-gain pada model kooperatif Jigsaw dan model Kooperatif team Games Turnament dari perolehan nilai tersebut dikategorikan menggunakan ideks gain dengan hasil bahwa hasil belajar pada model kooperatif Jigsaw memiliki peningkatan rerata dengan kategori rendah sedangkan untuk model kooperatif Team Games Turnament memiliki peningkatan rerata dengan kategori sedang.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.