Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dipengaruhi oleh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Team Games Tournament di SMP

Tsalis Nur Hayati Ulya', Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Samsuri Samsuri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh model kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pedidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP. (2) Mengetahu pengaruh model kooperatif Teams Games Tournament terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pedidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP. (3) Membandingkan hasil ppengaruh model kooperatif manakah yang lebih berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pedidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi exsperiment dengan desain penelitian Matching Pretest-Posttest Comparasion Grup Design. Populasi penelitian ini adalah peseta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Mertoyudan sebanyak 192 peserta didik. Teknik pengambilan sampling menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh peserta didik kelas VIII B dan VIII A dengan jumlah 64 peserta didik. Data dikumpulkan dengan tes. Hasil data dilakukan dengan analisis uji prasyarat, uji hipotesis, dan uji gain unkuk hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian bahwa (1) pengaruh model kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik berdasarkan hasil dari uji N-gain transformation, nilai sebesar 0,29. (2) pengaruh model kooperatif Team Games Turnament terhadap hasil belajar peserta didik berdasarkan hasil dari uji N-gain menguji, nilai sebesar 0,45. (3) membandingkan hasil pada uji N-gain pada model kooperatif Jigsaw dan model Kooperatif team Games Turnament dari perolehan nilai tersebut dikategorikan menggunakan ideks gain dengan hasil bahwa hasil belajar pada model kooperatif Jigsaw memiliki peningkatan rerata dengan kategori rendah sedangkan untuk model kooperatif Team Games Turnament memiliki peningkatan rerata dengan kategori sedang.


Full Text:

PDF

References


Adkon, R. (2006). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Arikunto, S. (2005). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Dewi, N. P. C. P. (2020). Buku ajar mata pelajaran sekolah dasar PKn dan Pancasila (1st ed.; I.

M. Sedana, ed.). Bali: Nilacakra

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2004). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hamdayama, J. (2014). Model-model pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia

Indonesia.

Huda, M. (2012). Cooperatif learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2013). Cooperative learning efektifitas pembelajaran kelompok. Jakarta: Alfabeta.

Katiasih, P., Landrawan, W., & Kertih, W. (2019). Persepsi siswa SMP Negeri 1 Sukasada terhadap

tidak dimasukkannya mata pelajaran PKN dalam ujian nasional. E-Journal Undiksha, 6(1),

Muhibbin, Ahmad. (2016). Model pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis isuisu

kontroversial di media massa untuk meningkatkan sikap demokrasi mahasiswa dan

implikasinya bagi masyarakat madani. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Vol. 26 No. 1 Juni 2016

hal 1-10.

Nurgiansah, T. H. Y. P. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada

Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan.

PKNSTAN, 2(1), 52–57.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2013 Tentang

Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah

Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sari, F. M. 2014. “Pengaruh Motivasi dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi. Tulungagung:

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung.

Sudjana. Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja

Rosdakarya.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta

. (2017). Metode penelitian kualitatif (untuk penelitian yang bersifat: eksploratif,

enterpretif, interaktif dan konstruktif). Bandung: Alfabeta

Syafi’i, Asrof. (2005). Metode penelitian pendidikan. Surabaya: eLKAF

Syah. Muhibbin. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosda

Karya.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Tsalis Nur Hayati Ulya. Samsuri Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dipengaruhi oleh model

pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Team Games Tournament di SMP

Wahab, A.A. dan Sapriya. 2011. Teori dan landasan pendidikan kewarganegaraan. Bandung:

Alfabet.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v12i1.20133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link