Pentingnya pembinaan karakter siswa melalui peran guru dan kegiatan siswa di sekolah pada era globalisasi
Suyato Suyato, Univesitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Artikel ini membahas mengenai pentingnya pembinaan karakter siswa melalui peran guru dan kegiatan siswa di sekolah pada era globalisasi. Tujuan dari artikel ini yaitu untuk mengkaji mengenai pengertian pendidikan karakter, pembentukan karakter siswa melalui kegiatan di sekolah, dan pembentukan karakter siswa melalui peran guru di era globalisasi. Pembinaan karakter merupakan sebuah usaha untuk menerapkan nilai-nilai agama, moral, etika pada siswa melalui pendidikan, dibantu oleh orang tua, guru, dan masyarakat yang sangat penting dalam pembinaan dan perkembangan karakter siswa. Setiap anak memiliki potensi yang baik sejak lahir, namun potensi tersebut harus terus diasah dan disosialisasikan dengan baik agar karakter setiap anak terbentuk dan berkembang secara maksimal. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu observasi dan wawancara. Hasil dari artikel ini menunjukkan bahwa pada era globalisasi, anak dengan mudahnya menggunakan media digital atau alat teknologi yang canggih. Era globalisasi yang bukan hanya memiliki dampak positif, namun juga dampak negatif pun menjadi tugas sendiri bagi pendidik, orang tua, dan masyarakat dewasa dalam membimbing dan memantau apa yang anak lakukan dengan media digitalnya tersebut, sehingga anak mampu memanfaatkan media digitalnya sebaik mungkin dan mendapatkan manfaat yang baik untuk dirinya dan kehidupannya.
Full Text:
PDFReferences
Adawiah, Rabiatul. (2016). Profesionalisme Guru Dan Pendidikan Karekter (Kajian Empiris di SDN
Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Volume 6 Nomor 11, hal. 939-946.
Ariyani, Ririn. (2014). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Dan Disiplin Melalui Program Berjumpa
(Bersih Jum’at Pagi) (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Teras Boyolali Tahun 2013). Naskah Publikasi
Online. http://eprints.ums.ac.id/28543/20/NASKAH_PUBLIKASI.pdf (online), diakses tanggal 17
Desember 2018.
Assima, Choifatul. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Kurangnya Berkembangnya Karakter Disiplin Pada
Peserta Didik Di SMK AL Asror Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang : Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Semarang.
Astuti, Albertin Dwi. (2015). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa Kelas X Jurusan Tata Boga
SMK Negeri 3 Klaten. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta : Program Sarjana Universitas Negeri
Yogyakarta.
Baharuddin. (2017). Pembentukan Karakter Siswa dan Profesionalisme Guru Melalui Budaya Literasi
Sekolah. Jurnal El-Idare, volume 3 nomor 1, hal. 21-40.
Dina Anisa Rahmasari. Suyato Pentingnya pembinaan karakter siswa melalui peran guru dan perilaku di sekolah pada era globalisasi
Bahtiar, Reza Syehma. (2016). Upacara Bendera Berbasis Karakter Dalam Pengembangan Sikap
Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Volume XVIII Nomor 2, hal. 71- 76.
Choiriah, Umi. (2016). Pendidikan Akhlak Siswa dalam Kegiatan Ekstra. Journal An-nafs : Kajian dan
Penelitian Psikologi, volume 1 nomor 1, hal. 69-86.
Daryanto, Darmiatun Suryatri. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. (Gava Media:
Yogyakarta), 68.
Depdikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun
Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta
: Depdikbud RI.
Dini Palupi Putri. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital.AR-RIAYAH
:Jurnal Pendidikan Dasar, 2, (1), 38-48.
Dirjen Dikdasmen. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Atas. Jakarta :
Kemendikbud RI.
Ferryka, Zudhah Putri. (2016). Program 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) Dalam Membangun
Karakter Siswa Sekolah Dasar Untuk Menyongsong Generasi Emas. Jurnal Pendidikan Guru
Sekolah Dasar S1 Universitas Widya Dharma Klaten, volume 1 nomor 1, hal. 399-409.
Isgandi, Yiyin. (2015). Keteladanan dan Intensitas Pendidik dalam Berdo’a : Optimalisasi Kesuksesan
Pendidikan Karakter. Jurnal Riset Pendidikan, volume 1 nomor 1, hal. 19- 28.
Lestari, Susan, & Rohani. (2017). Penanaman Karakter Peduli Sosial Di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 1 Tangaran Kabupaten Sambas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, volume 1 nomor
, hal. 172-180.
Mintargo, Wisnu dkk. (2014). Fungsi Lagu Perjuangan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Kawistara,
Volume 4 Nomor 3, halaman 249 - 256.
Mujtahid, (2016). Model Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Terintegrasi Dalam
Perkuliahan Pada Jurusan PAI-FTIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Jurnal Ulul Albab,
Volume 17 Nomor 2, halaman 230 – 252.
Muhammad Amran, Erma Suryani Suhabuddin, Muslimin. (2018). Peran Pendidikan Karakter di
Sekolah Dasar. Makasar: Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen
Pendidikan Hotel Remcy Makasar, 255.
Nurjannah. (2018). Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran PKN Siswa SDN Peunaga Cut Ujong.
Jurnal Genta Mulia, Volume IX Nomor 1, hal. 77-88.
Prasetya, Benny. (2014). Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah. Jurnal Edukasi, volume 02
nomor 01, hal. 473-485.
Prasetyo, Danang & Marzuki. (2016). Pembinaan Karakter Melalui Keteladanan Guru Pendidikan
Kewarganegaraan Di Sekolah Islam Al Azhar Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VI
Nomor 2, hal. 215- 231.
Printina, Brigida Intan. (2017). Strategi Pembelajaran Sejarah Berbasis Lagu-Lagu Perjuangan Dalam
Konteks Kesadaran Nasionalisme. Jurnal Agastya, Volume 7 Nomor 1, hal. 1-24.
Peraturan Presiden No 87 Pasal 2 Tahun 2017, Penguatan Pendidikan Karakter,
(http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/arsip/ln/2017/ps87-2017.pdf), (diakses pada 9 Januari
.
Sukardi. (2014). Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Inspirasi
Pendidikan, Vol. 1 No 1, hal. 59 - 61.
AGORA: Jurnal Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan
Sukiman, dkk. (2016). Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak di Era Digital. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Salman Hasibuan. (2015). Budaya Media dan Partisipasi Anak di Era digital, Proceeding of
International Post-Graduate Conference. Surabaya:Prodi S2 Komunikasi Universitas
AIRLANGGA Surabaya, 833.
Samani, M & Hariyanto.(2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Supriyanto. (2018). Strategi Menciptakan Budaya Religius Di Sekolah. Jurnal Tawadhu, volume 2
nomor 1, hal. 469-489.
Sutriyanti, Komang Ni. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Karakter Melalui Peran Orang Tua
Dalam Keluarga. Jurnal Penjaminan Mutu, Volume 2 Nomor 1, hal. 14-27.
Taryatman. (2016). Budaya Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar Untuk Membangun Generasi
Muda Yang Berkarakter. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an (Trihayu), Volume 3 Nomor 1, hal. 8-13.
Zulaiha, Siti. (2014). Pengaruh Tadarus Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Spiritual (Ikhlas) Di SDIT MTA
Gemolong Kabupaten Sragen Tahun 2014/2015. Naskah Publikasi Online.
http://eprints.ums.ac.id/34316/18/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf (online), diakses tanggal 20
Desember 2018.
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v12i1.20132
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.