PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN FORMAL DAN PEMBINAAN KARAKTER BAGI NARAPIDANA ANAK DI LPKA KELAS II BANDAR LAMPUNG

Cici Dian Purnamasari, , Indonesia
Anang Priyanto, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pelaksanaan pendidikan formal dan pembinaan karakter bagi narapidana anak di LPKA Kelas II Bandar Lampung, (2) Hambatan dalam pelaksanaan pendidikan formal dan pembinaan karakter di LPKA Kelas II Bandar Lampung, (3) Upaya mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pendidikan formal dan pembinaan karakter di LPKA Kelas II Bandar Lampung. Penelitian ini  menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek peneilitian dilakukan secara pusposive denganTeknik Pengumpulan data melalui  wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan data yang digunakan dengan cara triangulai data. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, kategorisasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan pendidikan formal dan pembinaan karakter di LPKA Kelas II Bandar Lampung dilakukan dengan cara melakukan kerjasama dengan sekolah Yayasan Dwi Mulya untuk program pendidikan formal,dan untuk pembinaan karakter diakomodasi dengan kerjasama oleh Balai Latihan Kerja (BLT) dan mendatangkan Ustadz untuk memberikan pembekalan kerohanian, (2) Hambatan yang dialami dari segi lokasi LPKA yang jauh dari perkotaan membuat komunikasi yang dijalankan kurang maksimal, penyediaan sarana dan prasarana yang belum sepenuhnya ada dalam menunjang pembelajaran di LPKA, dan kurangnya tenaga pengajar di LPKA, (3) upaya dalam mengatasi hambatan dilakukan dengan cara melakukan kerjasama dengan Kemenhumham untuk program kerja di LPKA jangka waktu satu tahun kedepan, dengan membuat rencana kerja program yang akan berjalan ,melakukan hubungan dengan instansi pendukung seperti CV Ramonest Art dalam proses pembinaan, dan melakukan pendataan narapidana anak yang memenuhi persyaratan administrasi untuk mengikuti program pendidikan formal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.