Analisis kendala dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh PPKn masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri Karangpandan
suyato suyato, , Indonesia
Abstract
Perubahan model pembelajaran yang semula tatap muka menjadi jarak jauh merupakan dampak nyata pandemi Covid-19 pada bidang pendidikan. Hal tersebut tidaklah mudah, karena tidak sepenuhnya siap sehingga dalam pelaksanaannya mengalami kendala. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kendala guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh PPKn masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri Karangpandan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan secara purposive, yaitu: Kepala SMA Negeri Karangpandan, Guru PPKn, Siswa Kelas X-XII masing-masing satu orang, dan orang tua. Teknik pengambilan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan cross check. Data dalam penelitian ini dianalisis secara induktif dengan langkah-langkah sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kendala yang dihadapi guru PPKn yaitu kemampuan guru yang masih kurang dalam menggunakan teknologi, guru sulit mengelola kelas, guru tidak dapat melakukan penilaian sikap secara maksimal, dan jaringan internet yang tidak stabil.; (2) Kendala yang dihadapi siswa yaitu siswa memerlukan waktu untuk beradaptasi mengikuti perubahan model pembelajaran, tidak semua siswa memiliki fasilitas penunjang pembelajaran, siswa cenderung kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, sinyal internet yang tidak stabil, pengaruh lingkungan, dan daya serap siswa rendah terhadap materi pelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.