Persepsi tentang kampanye politik melalui media sosial dan partisipasi politik pemilih pemula pada Pilkada Kabupaten Sleman tahun 2020

Diyah Mustika Anggraeni, , Indonesia
Sunarso Sunarso, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh persepsi tentang kampanye politik melalui media sosial terhadap partisipasi politik pemilih pemula pada Pilkada Kabupaten Sleman tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 44.640 pemilih pemula dan sampel berjumlah 269 pemilih pemula. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear. Persepsi tentang kampanye politik melalui media sosial memberikan pengaruh yang signifikan dan positif. Hasil analisis menunjukkan t hitung lebih besar dari t tabel (15.356 > 1.968855) serta F hitung lebih besar dari F tabel (234,812 > 3,89) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari alpha (0,000 < 0,05). Kontribusi yang diberikan persepsi tentang kampanye politik melalui media sosial terhadap partisipasi politik pemilih pemula pada Pilkada tahun 2020 sebesar 46,9%, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.