Efektivitas metode kooperatif think pair share terhadap prestasi belajar pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Tamara Yashintarani, , Indonesia
Mukhammad Murdiono, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini membahas tentang penerapan metode pembelajaran Think Pair Share pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MTsN 8 Ngawi terhadap peserta didik kelas VII dan kemudian dilihat bagaimana efektivitasnya terhadap prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis efektivitas penerapan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn kelas VII MTsN 8 Ngawi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen.Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A dan VII B MTsN 8 Ngawi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat keefektifan pada penerapan metode Think Pair Share (TPS) terhadap prestasi belajar peserta didik dibuktikan dari hasil uji beda non parametrik yang menggunakan uji Mann-Whitney, yakni hasilnya menunjukkan bahwa p-value yang dihasilkan sebesar 0,010 (sig < 5%) sehingga dapat diartikan ada perbedaan prestasi belajar PPKn antara metode Think Pair Share (TPS) dengan metode Group Investigation (GI), dimana rata-rata prestasi belajar PPKn metode Think Pair Share (TPS) lebih tinggi daripada metode Group Investigation (GI).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.