Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Materi Kelas VII di SMP N 2 Srandakan
Mukhamad Murdiono, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh pemanfaatan media pembelajaran berbasis audio visual terhadap pemahaman peserta didik pada materi Keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antargolongan di SMP Negeri 2 Srandakan. Penelitian initermasuk jenis penelitian Quasy Experimental Design dengan dengan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t dan N-Gain skor. Hasil penelitian terdapat pengaruh pemanfaatan media pembelajaran berbasis audio visual terhadap pemahaman peserta didik pada materi Keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antargolongan mata pelajaran PPKn kelas VII di SMP N 2 Srandakan ditunjukkan dari nilai dari nilai signifikansi <0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan pemahaman peserta didik pada kelas eksperimen memiliki skor rata-rata N-Gain 0,46, sedangkan pada kelas kontrol memiliki skor rata-rata N-Gain 0,26 artinya pemahaman peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.