Penumbuhan Budaya Demokrasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Pengembangan Media Uno Stacko
Mukhamad Murdiono, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengembangkan media uno stacko sebagai penumbuhan budaya demokrasi pada siswa SMK kelas XI, 2) mengetahui tingkat kelayakan media uno stacko sebagai media pembelajaran PPKn SMK kelas XI, 3) mengetahui tingkat kepraktisan media uno stacko sebagai upaya menumbuhkan budaya demokrasi siswa PPKn SMK kelas XI berdasarkan penilaian pendidik, 4) mengetahui efektivitas media uno stacko dalam penumbuhan budaya demokrasi siswa SMK kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 6 Yogyakarta. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) telah dihasilkan media uno stacko demokrasi disebut dengan istilah UNTAKRA yang dirancang dan dikembangkan melalui tahapan ADDIE, 2) pengembangan media UNTAKRA memperoleh 81,14% kategori “sangat layak” dari validasi oleh ahli materi dan memperoleh 93,71% kategori “sangat layak” dari validasi oleh ahli media, 3) hasil penilaian pendidik terhadap kepraktisan media UNTAKRA memperoleh 69, 52% termasuk kategori “praktis”, 4) media UNTAKRA efektif dalam menumbuhkan budaya demokrasi pada siswa kelas XI SMK Negeri 6 Yogyakarta yang diketahui melalui hasil perhitungan uji mann whitney dengan nilai signifikan 0,029 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara budaya demokrasi siswa pada kelas XI yang menggunakan media UNTAKRA dan siswa kelas XI yang tidak menggunakan media media UNTAKRA.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.