Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)

Vika Aprillia, , Indonesia
Suyato Suyato, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada masa pandemi Covid-19, hambatan, dan upaya untuk mengatasi hambatan yang terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian meliputi guru PPKn serta peserta didik SMP Negeri 1 Lendah yang dipilih menggunakan teknik purposive. Data dikumpulkan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Guru PPKn menggunakan RPP satu lembar, media yang digunakan berupa buku, HP dan laptop. WhatsApp dan Google Classroom merupakan platform yang digunakan pada saat pembelajaran. Evaluasi dilaksanakan melalui pemberian tugas dan ulangan; 2) Hambatannya berupa sinyal internet; 3) Upaya yang dilakukan yaitu dengan selalu memantau peserta didik, menggunakan platform ringan, serta keluar rumah untuk mencari sinyal internet.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.