Penerapan media Si Kuper Nan Pasif dalam pembelajaran PPKn di Sekolah Menengah Kejuruan

Apriliana Istighfarini, , Indonesia
Mukhammad Murdiono, , Indonesia

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan dan menganalisis kelayakan media pembelajaran berbasis Powerpoint interaktif untuk pembelajaran PPKn pada materi Sistem Hukum dan Peradilan Internasional, (2) menguji kelayakan media pembelajaran dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman peserta didik pada materi Sistem Hukum dan Peradilan Internasional dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Powerpoint interaktif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).  Hasil penelitian menunjukkan (1) pengembangan media berbasis Powerpoint interaktif “Si Kuper Nan Pasif” memperoleh hasil validasi dari ahli media, ahli materi, dan praktisi sebesar 3,08 dan jika dipresentase sebesar 77% dan masuk dalam kategori “Layak”. (2) media pembelajaran ini bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam proses pemahaman materi pembelajaran, hal ini dibuktikan berdasarkan indikator keberhasilan, uji coba produk “Si Kuper Nan Pasif” memperoleh persentase 70%, maka dari itu masuk dalam kriteria “Paham”.

Kata kunci : Pengembangan, Media, Si Kuper Nan Pasif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.